Tempo Scan Luncurkan Program Love Earth – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tempo Scan Luncurkan Program Love Earth

Handojo S Muljadi (dari kiri), Tuti Hendrawati dan Sigi Wimala brand ambasador Tempo Scan Love Earth saat peluncuran program Tempo Scan Love Earth, kemarin.

JAKARTA – Tahun lalu Indonesia masuk peringkat dua dunia penghasil sampah plastik di laut sebanyak 187,2 juta ton per tahun, setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton (data Jenna Jembeck 2015). Hal ini mengindikasikan kesadaran masyarakat masih rendah, terlebih penggunaannya dalam kegiatan konsumsi sudah menjadi budaya. Kurangnya sumber informasi dan edukasi dari bahaya konsumsi plastik secara berlebihan jadi penyebabnya.

Kondisi ini pun mendorong organisasi masyarakat dan pemerintah mengeluarkan kebijakan kantung plastik tak lagi gratis. Termasuk penerapan pendekatan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilakukan pada 23 kota untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik mampu mengurangi konsumsinya hingga 25-80 persen. “23 kota tahap awal, kedepan akan ditingkatkan. Tapi program ini lebih kepada mengubah kebiasaan masyarakat dalam penggunaan kantung plastik,” ujar Tuti Hendrawati Mintarsih, Dirjen Pengelolaan Sampah dan Bahan Beracun Kemen LHK disela-sela peluncuran program Tempo Scan Love Earth, kemarin.

Menurutnya, meminimalisir sampah plastik tergantung dari ketegasan pemerintah daerah masing-masing. “Banjarmasin dan Balikpapan bagus, mampu minimalisir sampah plastik hingga 80 persen, Kendari terendah dari 23 kota tersebut,” bebernya. Dalam laporannya juga menyebutkan, sebanyak 9,85 miliar lembar kantung plastik digunakan masyarakat Indonesia setahun dan berpotensi menjadi sampah. Untuk menanggulangi, pemerintah tak bisa sendiri mengatasi tapi harus melibatkan semua pihak.

Nah, salah satu perusahaan yang berdedikasi terhadap perbaikan lingkungan mendukung regulasi pemerintah tersebut adalah Tempo Scan dengan meluncurkan program Love Earth. Program inisiatif Tempo Scan ini ingin mengubah perilaku masyarakat mengurangi pemakaian atau penggunaan kantung plastik dengan penawaran shopping bag Tempo Scan yang dapat digunakan berulang kali. Handojo S Muljadi Presiden Direktur Tempo Scan mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian lingkungan melalui tas belanja.

 “Kami bekerjasama dengan para mitra retail modern market nasional, seperti Carrefour, Alfamart, Giant, Superindo dan lainnya. Melalui program Tempo Scan Love Earth, konsumen akan didorong menggunakan tas ramah lingkungan secara berkelanjutan dengan member insentif saat berbelanja,” ungkapnya.  Pihaknya menyiapkan 740 ribu shopping bag yang tersedia di gerai-gerai modern market.

Selain bisa digunakan berulang kali, pelanggan setia Tempo Scan akan mendapat keuntungan tambahan berupa diskon 5 persen sepanjang program berlangsung hingga 31 Juli mendatang. “Dengan program ini, kami berharap dapat menekan penggunaan kantung plastik, masyarakat lebih bijak menggunakan bahan plastik dan generasi kita memiliki lingkungan lebih baik. Kami juga berharap memancing pengusaha lain untuk ikut berpartisipasi mengatasi masalah global,” tukasnya.(rei)

loading...
Click to comment
To Top