Ruhut juga Dilaporkan ke SBY, Gimana ya Tanggapannya? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ruhut juga Dilaporkan ke SBY, Gimana ya Tanggapannya?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi III, Ruhut Sitompul, diprotes habis-habisan gara-gara mengucapkan kata-kata tidak beradab pada saat disang DPR beberapa waktu lalu. Ruhut dinilai tidak beretika dengan mengeluarkan kalimat “Hak Asasi monyet” saat pembahasan kematian Siyono, terduga teroris yang tewas saat pengembangan oleh densus 88. 

Atas Kalimat arogan itulah, Ruhut Sitompul pada jumat (29/4) tadi, telah dilaporkan oleh Pemuda Muhammadiyah ke Mahkama Kehormatan Dewan (MKD), Bukan saja Itu, Laporan juga ditujukan kepada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar, menilai sikap Ruhut bertentangan dengan kesantunan etika politik yang selama ini ditunjukkan ketum partainya sendiri.

“Kami juga sudah lapor secara resmi ke ketua umum demokrat, karena ini bertentangan dengan perilaku dan kesantunan politik yang disampaikan Pak SBY,” kata Dahnil di gedung DPR Jakarta, Jumat (29/4).

Menurutnya, Ruhut dengan terang mengucapkan kata-kata penghuni kebun binatang dalam rapat resmi Komisi III. Bahkan, menyatakan tidak ada pelanggaran HAM dalam kasus tewasnya Siyono saat dibawa Densus 88 Antiteror di Klaten, Jawa Tengah.

Saat ditanya apa sudah ada tanggapan dari SBY, Dahnil menjawab belum. Karena itu pihaknya juga akan bersurat ke Fraksi Demokrat di dewan.

“Belum ada. Secara resmi juga akan kami kirimkan ke Fraksi Demokrat. Dalam bentuk surat, dan bukti-bukti kliping korang, online, bukti rekaman MKD dapat sendiri di Komisi III,” tambahnya.

Diketahui, ketika Komisi III melakukan RDP dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Ruhut membela Densus 88 Antiteror yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) atas tewasnya terduga teroris bernama Siyono.

Setelah mendengar penjelasan Kapolri, Ruhut menyatakan dukungan terhadap Polri dan mengecam pihak-pihak yang mengadukan masalah ini ke komisi bidang hukum sehari sebelum rapat tersebut.

“Saya kecam yang datang ke komisi III yang mengatakan Densus melanggar HAM. HAM apa yang dilanggar, hak asasi monyet,” ujar Ruhut dalam rapat tersebut.(fat/jpnn/fajar)

To Top