Ini dia Penyebab Orang Mudah Lupa Beserta Penangkalnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ini dia Penyebab Orang Mudah Lupa Beserta Penangkalnya

FAJAR.CO.ID – Kabar buruk bagi anda para pecinta makanan manis. Sebuah studi mengungkapkan bahwa gula ternyata memiliki dampak yang buruk terhadap jaringan otak dan sangat mempengaruhi daya ingat seseorang.

Para peneliti dari Universitas California menemukan bahwa fructose, sejenis gula alam yang biasa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, yang mana juga terdapat dalam softdrink dan permen, dapat merusak sel otak yang dapat berimplikasi luas pada penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, Alzheimer hinggga ADH.

Seperti dilansir The Telegraph, dalam sebuah eksperimen yang dilakukan pada tiga kelompok tikus yang diberikan fructose dalam air minum selama enam minggu lamanya (setara dengan satu liter softdrink yang dikonsumsi manusia dalam sehari) ditemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi fructose membutuhkan waktu dua kali lama untuk melewati tantangan maze dibandingkan dengan tikus yang hanya mengkonsumsi air biasa. Diduga telah terjadi gangguan pada memori tikus-tikus tersebut.

Namun untungnya, penelitian tersebut juga menemukan bahwa asam lemak omega-3 bernama asam docosahexaenoic atau lebih dikenal dengan DHA, mampu membalikan efek berbahaya yang disebabkan fructose tersebut.

Kelompok tikus lainnya yang mengkonsumsi omega-3 dan fructose dalam waktu yang sama mampu menyelesaikan maze hampir secepat tikus yang hanya mengkonsumsi air biasa.

Dari penelitian itu bisa diambil kesimpulan bahwa bagi anda penggila makanan dan minuman manis, setidaknya juga harus mengimbangi asupan makanan anda dengan makanan yang banyak mengandung DHA, seperti yang ditemukan seperti pada ikan salmon, kacang-kacangan serta sayuran tertentu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top