ARR Dapat Amunisi dari Kampus AMI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

ARR Dapat Amunisi dari Kampus AMI

BICARA MARITIM. Balon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras saat tampil sebagai pembicara dalam diskusi maritim di kampus AMI Veteran, Sabtu, 30 April.
BICARA MARITIM. Balon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras saat tampil sebagai pembicara dalam diskusi maritim di kampus AMI Veteran, Sabtu, 30 April.

FAJAR.CO.ID – MAKASSAR– Bakal calon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras (ARR) semakin percaya diri menghadapi Pilgub 2018 mendatang. Itu setelah semakin derasnya dukungan yang mengalir kepadanya.

Setelah sejumlah tokoh Sulsel mendukung ARR pada Pilgub nanti, kali ini amunisi tambahan datang dari kampus Akademi Maritim Indonesia (AMI) Veteran. Direktur Politeknik Maritim AMI Veteran Makassar, Amrin Rani, mengaku kagum dengan putra Bone itu dan tegas mendukung.

Amrin memberi sinyalemen bakal berdiri dalam barisan ARR di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. “Sudah berapa kepala daerah khususnya gubernur yang memimpin provinsi ini, tetapi saya belum pernah mendengar ada kepala daerah yang fokus di bidang kemaritiman. Mudah-mudahan ke depan ada kepala daerah terpilih yang mau memperhatikan kami-kami yang bergerak di bidang kemaritiman,” ujarnya.

Bahkan, Amrin menyatakan bahwa pintu Politeknik Maritim AMI Makassar selalu terbuka lebar untuk Rivai Ras berdiskusi dengan civitas akademika mengenai program-programnya maju di Pilgub Sulsel mendatang. Khususnya yang terkait dengan kemaritiman.

Pada Sabtu, 30 April kemarin, Alumni Teknik Arsitek Unhas itu tampil sebagai pembicara dalam diskusi maritim dan kuliah umum yang dihadiri 850 taruna dan taruni Politeknik Maritim AMI Makassar serta puluhan undangan lainnya. Dalam diskusi ini, Rivai Ras kembali mengupas masalah kemaritiman dengan tema “Pertahanan Maritim Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi Asean.”

Pakar Ketahanan dan Maritim Indonesia, Abdul Rivai Ras mengatakan, kehadiran dirinya di Politeknik Maritim AMI Makassar adalah panggilan moral. Masih banyak hal penting yang harus dilakukan di Jakarta. Tetapi, bicara soal maritim dirinya harus hadir di Makassar, setelah itu dia langsung kembali ke Jakarta.

“Di sini saya ingin menyampaikan soal maritim di AMI. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah, dimana maritim sebagai poros nasional dan internasional. Bicara soal ASEAN, pastinya setiap individu memiliki kualitas dan kompetensi yang layak. Hal ini dapat dilihat dari segi komunikasi dengan banyak bahasa, khususnya bahasa Inggris,” papar pendiri Universitas Pertahanan itu.

Pembahasan soal maritim, lanjut ARR, sangat luas. Di sini tak hanya membahas soal pelabuhan, laut, hingga dasar laut, tetapi juga menyentuh masalah ekonomi dan keamanan. “Nah, jika mau melihat soal maritim adalah keamanan. Di sini tak hanya dilihat dari segi hukum saja. Tetapi juga dalam keamanan dan dalam ekonominya,” pungkas Anggota Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) itu.

Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, Amrin Rani, mengaku kagum dengan prestasi dan ilmu yang dimiliki Rivai Ras.
Menurutnya, ada lima kualitas ARR yang menjadi pertimbangan utama mengapa Politeknik Maritim AMI Makassar mengundangnya menjadi nara sumber.

Selain ahli di bidang pertahanan dan kemaritiman, Rivai juga ahli di bidang pendidikan dan ekonomi. “Sangat layak memimpin Sulsel yang merupakan daerah maritim,” puji Amrin. (Das)

loading...
Click to comment
To Top