Buat Para Wanita, Gerakan Ini Bisa Redakan Nyeri Haid – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Buat Para Wanita, Gerakan Ini Bisa Redakan Nyeri Haid

Yoga

FAJAR.CO.ID – Rasa nyeri saat menstruasi bagi wanita kerap menghambat aktifitas sehari-hari. Saking merasakan nyeri yang tak tertahankan, terkadang mereka hanya terkapar di atas tempat tidur.

Nah, bagi wanita yang selalu merasakan nyeri saat menstruasi sebaiknya melakukan beberapa gerakan yoga. Sebab, beberapa gerakan yoga ini dipercaya mampu membantu memperlancar dan menghilangkan nyeri, serta memberi efek tenang.

“Melalui beberapa gerakan yoga sederhana, rasa nyeri ketika menstruasi dapat mereda karena membuat otot-otot menjadi lebih rileks,” ujar Founder Komunitas Yoga Gembira Yudhi Widdyantoro dalam acara Yoga in the Air with Kiranti di Plaza Semanggi, Jakarta, Sabtu (30/4).

Salah satu gerakan yoga pencegah nyeri haid yang bisa dilakukan, yaitu Janu Sirsasana (head to knee pose). “Gerakan yoga ini dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki satunya lagi dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya,” paparnya.

Kemudian, lanjut Yudhi, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut. “Setelah itu, ulangi gerakan tadi pada kaki sebelahnya,” sambungnya.

Gerakan yoga yang dipercaya mampu menghilangkan rasa nyeri haid ini telah terbukti secara penelitian. Bahkan, banyak para pengikut yoga yang membuktikannya.

“Dan mereka mengatakan itu mampu membantu memperlancar menstruasi dan menghilangkan nyeri. Banyak kok testimoni dari para anggota yoga,” sebutnya.

Selain mampu menghilangkan rasa nyeri haid, Yudhi menyatakan, setiap gerakan yoga tersebut memiliki efek terapis yang berfungsi memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh.

Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat fresh moment sehingga emosi kembali teratur. “Sangat disarankan sekali untuk wanita saat periode menstruasi,” ucapnya.

Yudhi menyarankan, setidaknya para wanita dapat meluangkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit per harinya untuk melakukan gerakan yoga tersebut. “Bisa dilakukan setelah bangun tidur,” pungkasnya. (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top