Berbuat Asusila dan Nikah Siri, 7 Bintara Segera Dipecat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Berbuat Asusila dan Nikah Siri, 7 Bintara Segera Dipecat

FAJAR.CO.ID, KALBAR – Selaman tiga tahun terakhir, Polda Kalimantan Barat menindak ratusan polisi yang melakukan pelanggaran disiplin. Termasuk, 7 bintara yang segera dipecat karena pelanggaran berat.

Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Badarudin menuturkan pada 2014, terdapat 11 Pamen (perwira menengah) dan 16 Pama (perwira pertama) yang tidak disiplin. Kemudian di tahun 2015 terdapat lima Pamen dan 18 Pama.

Sedangkan untuk triwulan di tahun ini, ada satu Pamen dan lima Pama. “Jika ditotal ada 56 Pama dan Pamen yang tak disiplin dalam menjalankan dalam waktu tiga tahun terakhir ini,” ungkapnya kepada Rakyat Kalbar (Fajar Group).

Tidak hanya Pama dan Pamen, direntang tahun yang sama ternyata Bintara yang tidak disiplin lebih banyak lagi, yaitu ada sebanyak 552 orang. “Tahun 2014 tercatat sebanyak 279 bintara, tahun 2015 ada 220 bintara, dan tahun 2016 sebanyak 53 bintara,” paparnya.

Anggota Polisi yang tidak disiplin ini, kata Badarudin, semuanya mendapatkan sanksi melalui sidang kode etik kepolisian oleh bidang propam maupun provos yang ada di jajaran Polres.

“Semuanya tentu mendapatkan sanksi, mulai dari sanksi ringan, sedang dan berat. Sanksi berat itu yakni PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat), misalkan saja tidak masuk selama berbulan-bulan,” tegasnya.

Sementara terkait tujuh Bintara yang direkomendasi untuk dipecat pada tahun ini, lantaran pelanggaran yang dilakukan tak hanya disiplin dan kode etik melainkan juga pidana. “Ada pelanggaran asusila, ada nikah sirih, dan lain-lainnya,” jelas Badarudin.

Badarudin menegaskan Kapolda Kalbar memberikan peringatan keras serta imbauan kepada seluruh anggota yang ada di jajarannya untuk menjalankan tugas kepolisian sebaik mungkin, mulai dari menjaga kedisiplinan dan kode etik.

“Tidak sedikit anggota yang sudah dilakukan PTDH karena tidak disiplin, melanggar kode etik maupun melakukan pidana,” pungkasnya. (zrn/yuz/JPG)

To Top