Harga Teh di China Ini Lebih Mahal Dari Emas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Harga Teh di China Ini Lebih Mahal Dari Emas

Foto: Kevin Zen / Getty Images

FAJAR.CO.ID – Tahukah anda kalau harga teh itu bisa lebih mahal dari harga sebongkah emas? Teh bernama Do Hong Pao dari negeri China ini pernah terjual seharga $28,000 atau sekitar Rp 369 juta oleh seseorang diduga kolektor minuman tradisional.

Teh Do Hong Pao yang asli dipetik dari Wuyishan bahkan diketahui 30 kali lebih mahal dari harga emas, sekitar $1,400 atau sekitar Rp 18 juta per gramnya, atau $10,0000 atau sekitar Rp 131 juta per sajian dalam satu pot teh. luar biasa sekali bukan?

“Teh Do Hong Pao terlihat lebih cocok untuk pengemis, namun memiliki hati Buddha dengan harga untuk seorang raja,” kata seorang peracik teh di Wuyishan yang terletak di tepi sungai Fujian, selatan China, seperti dikutip dari BBC.

Xioa dan keluarganya merupakan peracik teh dari generasi ke generasi. Tiap musim semi, mereka menghabiskan waktu dengan mendaki gunung untuk membeli daun teh segar dari seseorang yang mereka sebut Dewa Teh bernama Lu Yu.

Sudah lebih dari seribu tahun lamanya, Wuyishan yang memiliki lanskap karst yang indah itu terkenal atas cita rasa tehnya yang khas. Air hujan yang mengalir melalui ngarai kapur, puncak karst dan aliran air terjun, kaya akan mineral yang mempengaruhi rasa dari teh tersebut.

Saking hormatnya terhadap tradisi meminum teh, pada perayaan gong fu cha atau berarti teh kung fu, setiap penjual teh di tepi sungai Wuyishan itu mempersiapkan festival minum teh bagi para penikmat teh dikawasan tersebut, lengkap dengan macam bermacam daun teh pilihan.

loading...
Click to comment
To Top