Ini Agenda Aksi Buruh di Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Ini Agenda Aksi Buruh di Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto mengatakan,  sekitar 150 ribu buruh menggelar unjuk rasa hari ini. Massa aksi itu akan menggelar long march dan berkumpul Bundaran HI, Jakarta Pusat.

“Nanti para buruh kemudian berjalan kaki menuju ke Monas. Lalu tepat di depan Istana Presiden mereka akan melakukan orasi-orasi,” jelasnya.

Dari istana, massa aksi rencananya bergerak ke Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. Di sana, tambahnya, massa aksi yang memperingati MayDay akan menggelar peragaan kesenian terkait masalah buruh.

“Di GBK mereka melaksanakan kegiatan-kegiatan atraksi seni dan budaya. Jadi hari ini perayaan MayDay yang akan dilaksanakan oleh rekan-rekan buruh di GBK,” imbuhnya bekas Kapolda Jawa Barat ini.

Ada tiga tuntutan yang disuarakan oleh para buruh. Pertama, buruh menuntut agar pemerintah pusat mencabut Peraturan Presiden 78/2015 tentang pengupahan. 

Kedua, pemerintah dituntut membuatkan regulasi perlindungan buruh agar terhindar dari PHK. Ketiga, buruh juga menolak reklamasi Teluk Jakarta, penggusuran, dan RUU Tax Amnesty. (Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top