Mau Tahu Seberapa Menggiurkan Usaha Batik? Baca Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Mau Tahu Seberapa Menggiurkan Usaha Batik? Baca Ini

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Industri batik ternyata sangat menjanjikan di Indonesia. Pertumbuhan jumlah industri kecil dan menengah batik di Jatim mencapai 5-7 persen setiap tahun.

Kepala Bidang Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Sriyono menyatakan, IKM batik menjadi salah satu industri yang menjanjikan.

Apalagi, permintaan terhadap batik tidak pernah surut sejak dicanangkan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2009. Karena itu, masyarakat menilai batik menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Pada 2015, IKM batik di Jatim berjumlah 9.824 pelaku usaha dengan menyerap 29.571 tenaga kerja.

“Nah, untuk mengimbangi pertumbuhan yang pesat tersebut, kami juga memfasilitasi mereka lewat kegiatan pelatihan. Apalagi sejalan dengan peralihan perekonomian dari sektor pertanian ke sektor industri, salah satunya batik,’’ jelasnya, Jumat (29/4).

Pelatihan bagi para IKM tersebut, antara lain, pembuatan desain hingga penerapan teknologi di bidang batik. Kegiatan pembinaan itu berlangsung sejak 2014 dengan jumlah sekitar 150 IKM yang tersebar di beberapa daerah. (res/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top