Dukung KEK Selayar, Pertagas Siap Bangun Terminal Gas   – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Dukung KEK Selayar, Pertagas Siap Bangun Terminal Gas  

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komitmen Pemkab Kepulauan Selayar untuk menggenjot perekonomian di daerahnya, benar-benar serius. Sadar harus menjemput bola, sejumlah stakeholder diboyong ke Jakarta untuk memaparkan potensi daerah di ujung Selatan pulau Sulawesi tersebut.

Dalam acara “Pemaparan Rencana Pembangunan Selayar” di Kantor Wapres, Senin, 2 Mei, terlihat jelas potensi kabupaten yang terdiri dari 130 pulau ini. Dengan potensi alam dan posisi yang sangat strategis, daerah yang selama ini belum tersentuh secara maksimal tersebut, harus mendapat perhatian khusus.

“Selayar punya semua potensi untuk menjadi pusat distribusi di Kawasan Timur Indonesia. Keinginan serius pemerintah daerah layak diapresiasi dan diperjuangkan,” ujar Staf Khusus Wapres, HM Alwi Hamu.

Menurut Bupati Selayar, Basli Ali, daerahnya saat ini memiliki tiga keinginan kuat yang menjadi program prioritas. Selayar dengan segala potensi yang dimilikinya, bisa menjadi Pusat Distribusi Logistik, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang Pariwisata, dan Pusat Industri Perikanan Terpadu.

Untuk mempercepat program tersebut, selain aktif bertemu langsung dengan kementerian dan BUMN terkait, Pemkab Selayar juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas awal. Masalah pembebasan lahan kini tak lagi menjadi kendala. Mereka sudah memiliki area yang siap dibanguni.

“Untuk KEK Pariwisata kami punya lahan 400 hektar. Untuk industri logistik maritim kami sudah menyiapkan lahan 3000 hektar. Sementara untuk terminal energi sudah ada lahan 2000 hektar. Investor tinggal membangun, kami akan memberikan dukungan penuh,” sebut Basli

Masalah energi memang menjadi salah satu perhatian. Banyak proyek besar yang gagal karena ketidaktersediaan energi yang memadai. Pemkab Selayar sudah mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Pertamina PGN-Pertagas untuk membangun terminal gas di Selayar.

Mengenai kerja sama ini, Pertagas yang diwakili Herman Susilo mengaku siap mendukung penuh program tersebut. Rencana pembangunan terminal gas tengah dimatangkan. Diharapkan tak ada kendala berarti sehingga proses pembangunannya bisa dilakukan dalam waktu cepat.

“Kami sudah menggelar pembicaraan serius dengan Pemkab Selayar. Untuk proyek ini kami memberikan dukungan penuh. Jika memiliki 10 ribu hektar, Pertamina PGN Pertagas Holding Energy akan menjadi pemain gas terbesar ketiga di dunia. Selayar saja sudah menyiapkan 2000 hektar, bahkan bisa menjadi 5000 hektar,” jelas  Herman.

Anggota DPR RI, Tamsil Linrung yang hadir pada acara ini, berjanji akan memperjuangkan semua program Pemkab Selayar. Menurut politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, berbagai program yang disusun bukan hanya untuk kepentingan masyarakat Selayar.

“Tapi kita sedang berbicara tentang percepatan pembangunan di Indonesia Timur. Selayar adalah sentral secara geografis. Hal ini harus diseriusi dan diperjuangkan,” ungkapnya. (*) 

loading...
Click to comment
To Top