Insiden jadi Penyebab Rio Haryanto Gagal Capai Finish di GP Rusia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Insiden jadi Penyebab Rio Haryanto Gagal Capai Finish di GP Rusia

RUSIA–Impian Rio Haryanto menyentuh garis finis di Sirkuit Sochi Autodom dalam lanjutan balapan Formula 1 musim 2016, kandas sudah. Pebalap Manor Racing Team asal Indonesia itu terlibat insiden pada saat balapan GP Rusia itu baru berjalan satu lap.

Rio Haryanto menjadi satu dari empat pebalap yang tak bisa melanjutkan balapan pada lap pertama akibat terlibat insiden.

Padahal, Rio Haryanto yang menggunakan ban supersoft sempat memulai balapan dengan cukup baik dari urutan ke-21. Sial bagi dia, pada tikungan pertama, mobil MRT05 yang dikendarainya bersenggolan sehingga harus keluar arena balap.

Pebalap Force India, Nico Hulkenberg, melintir karena ditabrak Esteban Gutierrez (Haas) dan menabrak mobil Rio. Tak ayal, Rio dan Hulkenberg terpaksa mengakhiri balapan lebih cepat.

Memang, mobil Rio sempat masuk pit untuk melakukan perbaikan, tapi tetap saja gagal melanjutkan balapan.

Alhasil, pebalap kedua dari Manor Racing Team ini pun harus menghapus mimpi menyentuh garis finis bersama tiga pebalap yang juga mengalami insiden pada lap pertama.

Selain Rio, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, juga mengalami insiden setelah berbenturan dengan mobil Dany Kvyat. Insiden itu menyebabkan Mobil Vettel menabrak dinding pembatas. Keluarnya tiga pebalap itu diiringi keluarnya safety car.

Pada awal perlombaan, Nico Rosberg yang memulai balapan dari pole position mampu melesat di urutan terdepan, disusul Ruben Bottas (Williams) dan Kimi Raikkonen (Ferrari).

Namun, pada lap 8, Raikkonen harus turun satu peringkat setelah disusul rekan setim Rosberg di Mercedes, Lewis Hamilton, yang juga juara GP Rusia dua tahun beruntun pada 2014 dan 2015.

(ira/JPG/pojoksatu)

Click to comment
To Top