Kasus G30S PKI, Luhut: Tidak Usah Ribut-ribut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kasus G30S PKI, Luhut: Tidak Usah Ribut-ribut

Luhut Binsar Panjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menkopolhukam Luhut Binsar  Panjaitan menegaskan, pemerintah akan segera menyelesaikan masalah pelanggaran HAM masa lalu yang selama ini dituntut masyarakat. Termasuk soal kasus G30S PKI.

“Masalah HAM G 30 S PKI banyak aspek kemanusiaan yang kami perhatikan. Jadi tidak usah ribut-ribut, kami akan menyelasaikan dengan kearifan. Kami tentu tidak mencari siapa yang salah,” tegas Luhut di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (2/5).

Menurut Luhut itu adalah masalah politik. Karena itu, akan diselesaikan dengan pendekatan kemanusiaan. Luhut mengaku, mendapat tugas langsung dari Presiden Joko Widodo untuk pendekatan tersebut.

“Itu adalah persoalan politik. Tentu siapa yang menang pasti akan berbuat juga kepada yang kalah. Itu kalau kita mau bawa kepada suasana sekarang, tentu tidak adil karena suasana waktu itu dengan sekarang berbeda,”imbuh nya.

Luhut juga akan memverifikasi kuburan massal yang disebut-sebut milik anggota PKI. Ia mengaku baru mendapatkan data itu sehingga belum bisa disampaikan secara detail. Ia memastikan akan menelusuri juga lewat keluarga korban.

“Kami akan coba forensik. Nanti mengidentifikasi. Tapi spiritnya, kita enggak usah gaduh. Dulu bertahun-tahun tahun enggak diselesaikan kita selesaikan, jangan bikin gaduh juga,” tandas Luhut. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top