Mampus! Akhirnya Para Penipu Dana Bos Diringkus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Mampus! Akhirnya Para Penipu Dana Bos Diringkus

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Komplotan penipu spesialis bantuan operasional sekolah (BOS) dibekuk polisi. Berkali-kali lolos dari pengejaran, para pelaku akhirnya mampu diringkus.

Para pelaku tersebut pun diringkus anggota Polres Metro Jakarta Selatan. Mereka adalah R, 41; YS, 31; E, 34; dan S, 35.

Keempatnya ditangkap di kawasan Cianjur, Jawa Barat, Sabtu malam (30/4). Korbannya adalah sekolah-sekolah yang ingin mendapatkan dana dengan cepat.

Pelaku mengaku memiliki link khusus di Kementerian Pendidikan. Mereka meyakinkan bisa membantu pencairan dana. Sebagai imbalan, sekolah pun diminta menyetorkan sejumlah uang sebagai biaya percepatan pengurusan.

Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Audie Latuheru menuturkan, penangkapan tersangka itu berawal dari laporan kasus penipuan di SDN 04 Selong, Kebayoran Baru.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Daksa tersebut tertipu Rp 50 juta. Sebab, pelaku mengiming-imingi sekolah bahwa mereka bisa mencairkan dana empat kali lebih banyak.

‘Pihak sekolah kemudian percaya dan mau memberikan,” ujarnya kemarin.

Dalam aksinya, para tersangka berbagi peran. Ada yang bertugas sebagai pegawai Dinas Pendidikan, petugas di Kementerian Pendidikan, salah satu direktur bank, hingga staf di Bank Indonesia (BI).

”Namun, setelah beberapa lama ditunggu, dana BOS yang dinanti-nanti tidak kunjung dibayarkan. Sekolah kemudian melapor ke kami,” terangnya.

Ternyata, komplotan itu tidak hanya melakukan aksinya di Jakarta, tapi juga di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam penangkapan itu, polisi menyita beberapa barang bukti seperti laptop, SIM card, modem, dan buku telepon.

Selain itu, daftar nama korban penipuan dan korban lain melalui SMS juga berhasil didapatkan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan.

”Hingga saat ini, kami masih mendalami kasus tersebut,” tutur dia. (nug/mam/JPG)

loading...
Click to comment
To Top