Program Tol Laut tuntas, Sekarang Giliran Tol Udara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Program Tol Laut tuntas, Sekarang Giliran Tol Udara

FAJAR.CO.ID JAKARTA- Program tol laut terbukti sukses menurunkan kesenjangan harga barang kebutuhan antara pusat dan daerah terpencil.

Meneruskan kesuksesan itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menelurkan program serupa dengan konsep udara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyampaikan, disparitas harga barang kebutuhan ternyata tidak hanya terjadi di daerah terpencil. Wilayah pegunungan disebutnya bahkan lebih parah.

Dia mencontohkan di wilayah Asmat, Papua. Harga semen bisa mencapai 10 kali lipat daripada daerah Jawa, yakni Rp 800 ribu per sak.
Tingginya harga itu disebabkan keterbatasan akses ke wilayah pegunungan tersebut. Dengan demikian, seluruhnya harus diangkut dengan menggunakan pesawat.

Merespons kondisi tersebut, Kemenhub berencana untuk menerapkan angkutan barang terjadwal atau tol udara. Program itu dijanjikan terealisasi pada tahun depan.

“Iya (sama seperti tol laut), tapi konsepnya udara. Jadi, harga di daerah terpencil pegunungan bisa terjangkau,” tuturnya.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo menambahkan, konsep tol udara saat ini sedang digodok. Namun, secara umum, konsep tol udara akan terkoordinasi dengan tol laut. (mia/c6/agm)

Click to comment
To Top