Jangan Lagi Ada Insiden Pesawat Senggolan di Bandara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jangan Lagi Ada Insiden Pesawat Senggolan di Bandara

lion air

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro mengatakan insiden senggolan dua pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT026 rute Jakarta-Denpasar dan JT770 rute Jakarta-Manado, di landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta, Minggu  malam lalu bentuk kelalaian.

Karena itu, ia meminta pihak ATC Bandara Soetta di bawah kordinasi  perum AirNav segera melaksanakan investigasi pada insiden tersebut untuk mengetahui penyebabnya.

“Jangan lagi ada kejadian seperti ini ke depan. Karena sudah keduakalinya setelah insiden senggolan dua pesawat yang terjadi di bandara Halim yang sampai saat ini belum disampaikan KKNT hasil investigasinya,” kata Nizar di Jakarta, Selasa (3/5).

Insiden tersebut menurutnya tidak boleh terulang, apalagi Bandara Soetta sebentar lagi akan mengoperasikan bandara ultimate 3 yang akan menandingi Bandara Changi Singapura.

“Kalau kejadian senggolan pesawat ini terjadi lagi pasti akan mempengaruhi kepercayaan maskapai luar negeri yang akan berkiprah di Indonesia. Harapan saya agar segera di usut tuntas dan bagi yang bersalah di berikan sanksi sesuai aturan yang ada,” ujar politikus Gerindra itu.

Di sisi lain, investigasi dari KNKT wajib segera dilakukan agar insiden ini segera bisa di ketahui siapa yang salah. Sebab, kedua pilot pesawat mengklaim sudah bertindak sesuai dengan arahan dari air traffic controller (ATC) atau menara pengawas.

“Kejadian ini harus diinvestigasi secara menyeluruh, termasuk terhadap karyawan yang bertugas pada malam itu agar informasinya tidak bias dan dapat di pertanggung jawabkan,” pungkasnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top