Kesal Website Hack, KPAI Langsung Lapor Polisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kesal Website Hack, KPAI Langsung Lapor Polisi

hacker

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kasus peretasan situs Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berbuntut panjang. Pasalnya, KPAI bakal membawa perkara tersebut ke pihak kepolisian.

Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh mengungkapkan, website merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari entitas organisasi. Ketika terjadi upaya peretasan, maka hal itu menjadi ancaman bagi KPAI sebagai organisasi negara dan masyarakat umum sebagai pihak yang memiliki hak untuk mendapatkan informasi.

Website KPAI ini, lanjut dia, berdomain .go.id. Artinya, portal tersebut resmi dikelola untuk kepentingan negara. Masyarakat juga mendapat informasi seputar perlindungan anak dari website tersebut.

“Ketika website KPAI diretas, informasi yang terpampang di dalamnya hilang dan ini tentu merugikan organisasi, bahkan negara. Tentu hal ini juga merugikan masyarakat yang memiliki kepentingan dengan KPAI,” ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (2/5/2016) malam.

Dia menjelaskan, undang-undang telah mengatur larangan meretas situs orang lain tanpa hak. Ancaman pidana pun tidak main-main. Pelaku bisa dipidana paling ringan enam tahun penjara dan atau denda Rp 600 juta hingga maksimal delapan tahun penjara dengan denda Rp 800 juta.

“KPAI mendesak Polri mengusut tuntas kasus ini dan menghukum pelaku sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ketusnya.

“Peretasan ini hakikatnya menjadi ancaman bagi penyelenggaraan perlindungan anak yang pada saat ini sangat dibutuhkan masyarakat,” ucapnya lagi. (fab/JPG)

loading...
Click to comment
To Top