Gaya Guardiola Beresiko untuk Liga Italia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Gaya Guardiola Beresiko untuk Liga Italia

FAJAR.CO.ID – Legenda AC Milan yang sekarang menjadi pelatih Pisa, Gennaro Gattuso, mengkritik filosofi tiki-taka yang cukup identik dengan sosok Pep Guardiola.

Sejak menangani Barcelona hingga sekarang Bayern Muenchen, Guardiola memang membuat sepak bola penguasaan bola yang sangat mendominasi, atraktif, dan superior.

Menurut Gattuso, hal tersebut tak sepenuhnya baik. Bahkan dia mengaku pandangan orang berubah karena banyaknya yang terpengaruh tiki-taka di dunia sepak bola saat ini.

“Barcelona dan Guardiola menciptakan monster di dunia sepak bola, khususnya untuk para manajer. Gaya bermain tersebut sebenarnya sangat berisiko jika dilakukan di Italia,” ujarnya kepada Gazzetta dello Sport.

“Dengan meniru gaya bermain tersebut, kita akan kehilangan bagian penting pertahanan yang sebenarnya sudah menjadi kultur sepak bola Italia. Beruntung, para pelatih di negeri ini bekerja cukup baik,” jelas dia.

Bagi dia, filosofi yang mengandalkan pertahanan tidaklah buruk. Bahkan Italia memperlihatkan filosofi seperti ini dalam 50 tahun terakhir. “Jadi apa yang salah dengan filosofi Jose Mourinho dan Diego Simeone?” lanjutnya.

Sang pemain juga mengungkapkan masalah Timnas Italia saat ini. Dia mengaku para pemain kurang intens dalam melakukan latihan.

“Saat ini para pemain hanya menghabiskan waktu 10 jam per pekan untuk latihan. Sementara di Belanda para pemain mereka berlatih 10 jam per hari,” tutup Gattuso. (rap/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top