Pengamat Indostrategis: Kembalinya Tommy Indikasi Golkar Tolak Rangkulan Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Pengamat Indostrategis: Kembalinya Tommy Indikasi Golkar Tolak Rangkulan Pemerintah

Foto: Bloomberg

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Munculnya nama Hutomo Mandala Putra dalam bursa pencalonan Ketua Umum Partai Golkar diantara 11 nama calon yang tersisa dinilai sebagai sinyalmen penolakan Golkar terhadap rangkulan pemerintahan Jokowi – JK.

Seperti diketahui sebelumnya, Tomy Soeharto mengutus tim suksesnya untuk mengambil formulir pencalonan Ketua Umum Golkar Senin (2/5/2016) lalu melalui surat kuasa yang diterima anggota Steering Commite Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar.

Menurut pengamat politik dari Indostrategis, Andar Nubowo, kehadiran anak bungsu mendiang mantan presiden Soeharto itu tidak terlepas dari dorongan sejumlah kader Golkar yang menolak untuk berjalan bersama dengan pemerintahan Jokowi-JK.

“Tomy itu mewakili sebagian aspirasi warga Golkar yang ingin tetap oposisi. Lebih dari itu, daripada bikin partai baru, Tommy melihat lebih baik rebut Golkar. Toh dia dulu juga kadernya,” ungkap Andar, Selasa (03/05/2016) kemarin.

Dosen FISIP UIN Jakarta itu juga menilai, salah satu alasan kembalinya Tomy, panggilan akrab Hutomo Mandala Putra, adalah untuk mengukuti jejak sang kakak Mamik Soeharto yang belum lama ini aktif di partai yang dulunya bernama Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar) itu.

“Pertarungan akan kembali menarik. Masuknya Tommy mengindikasikan comeback-nya Tommy ke Partai Golkar. Setelah sang kakak Mamik Soeharto aktif di Golkar,” jelas Andar menambahkan bahwa hal tersebut sebagai indikasi kembalinya kepercayaan diri keluarga Cendana dikancah perpolitikan tanah air.

loading...
Click to comment
To Top