Tinjau Lokasi Reklamasi Pantai Jakarta, Rizal Ramli Ngomong Begini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tinjau Lokasi Reklamasi Pantai Jakarta, Rizal Ramli Ngomong Begini

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli bersama Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Gubernur DKI Basuki T Purnama saat meninjau pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta, Rabu (4/5). Foto: A Gilang/JPNN.Com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli meninjau lokasi reklamasi Teluk Jakarta, yakni Pulau C dan D, Rabu (4/6). Turut menyertainya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

“Kami mendatangi lokasi reklamasi karena ingin melihat kondisi yang sesungguhnya,” kata Rizal di Pulau D.

Menurutnya, reklamasi merupakan suatu hal yang biasa di setiap negara. Namun, katanya, memang ada risikonya.

Ia menjelaskan, dampak reklamasi ada pada lingkungan hidup dan kemungkinan banjir. Karenanya ia mengingatkan pentingnya perencanaan dan tata ruang yang baik.

Menteri yang mendapat julukan ‘Rajawali Ngepret’ itu menjelaskan, ada tiga kepentingan terkait reklamasi. Pertama adalah negara. Kemudian, kepentingan rakyat dan publik, termasuk nelayan. Terakhir, kepentingan bisnis dan komersial.

Rizal mengatakan, negara memiliki peranan penting untuk mengontrol tiga kepentingan itu. Caranya adalah dengan  membuat aturan dan undang-undang yang harus dilaksanakan, termasuk oleh pengembang.

“Negara yang atur dan kita enforce. Kalau enggak, mau jadi apa negara kita jika semua diatur swasta? Swasta bisa seenak-enaknya,” ‎ungkap Rizal. (gil/jpnn)

Click to comment
To Top