Reklamasi Masih Berjalan, Nelayan Teluk Utara Jakarta Ingatkan Rizal Ramli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Reklamasi Masih Berjalan, Nelayan Teluk Utara Jakarta Ingatkan Rizal Ramli

Foto: Hmip.fisipui.ac.id

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rusaknya ekosistem laut di kawasan teluk utara Jakarta membuat para nelayan di kawasan Muara Angke mengeluh. Janji Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli yang disampaikan beberapa waktu lalu terkait dengan penghentian proyek tersebut pun dirasakan bak angin lalu.

“Rizal Ramli sudah menyatakan bahwa reklamasi akan dihentikan namun pernyataan tersebut bagaikan angin lewat karena tidak ada yang berhenti,” kata ketua Forum Kerukunan Masyarakat Nelayan Muara Angke (Forkeman) Syarifudin Baso, di TPI Muara Angke, Rabu (4/5/2016) kemarin.

Syarifudin menjelaskan, keberadaan kapal pasir yang hilir mudik sementara backhoe terus bergerak dan pulau semakin bertambah besar dikawasan tersebut tentunya menandakan bahwa proyek tersebut masih terus berlangsung.

Karena itu, para nelayan utara Jakarta yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta, melalui kuasa hukum mereka Nelson Nikodemus Simamora meminta agar Menteri yang berjuluk Rajawali Kepret itu untuk segera mungkin mengehentikan proyek telah membunuh mata pencaharian masyarakat nelayan utara Jakarta tersebut.

“Rizal Ramli selaku Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya harus berpihak pada nelayan dan orang-orang kecil, karena sejatinya itulah tugasnya melindungi nelayan selaku aset Indonesia sebagai bangsa maritim, bukan malah ‘memunggungi’ lautan dengan cara mendukung reklamasi” pinta nelson.

Diketahui bahwa poyek reklamasi di Teluk Jakarta hingga saat ini masih berlangsung. Rencananya sebanyak 17 (tujuh belas) pulau akan dibangun mulai dari Pulau A sampai Pulau Q. Ditambah pulau Garuda dan giant sea wall.

To Top