Buat Para Ibu Menyusui, Ini Makanan untuk Tingkatkan Produktifitas ASI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Buat Para Ibu Menyusui, Ini Makanan untuk Tingkatkan Produktifitas ASI

ASIFAJAR.CO.ID – BERBAGAI penelitian membuktikan bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi. Namun, beberapa ibu sering mengeluh kesulitan mendapatkan ASI yang lancar. Nah, bila mengalami hal itu, Anda tidak perlu panik. Sebab, perasaan panik hanya akan membuat ASI Anda semakin tidak lancar.

Untuk memperlancar ASI, Anda sebaiknya mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Berikut jenis-jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat sedang menyusui.

1. Sup.

Sup bisa membantu mendorong produksi susu karena menyembuhkan tubuh wanita pasca-melahirkan. Amy Mager, konsultan laktasi, akupunktur dan praktisi pengobatan Tiongkok menjelaskan, bagaimana sup bisa membantu meningkatkan jumlah ASI.

“Sup ayam adalah makanan postpartum yang menyehatkan, hangat, menyembuhkan dan membuat susu. Jika Anda vegetarian, maka sup lentil adalah pengganti yang baik untuk sup ayam, terutama dengan beberapa miso yang digunakan dalam kaldu,” kata Mager, seperti dilansir laman Yahoo Health, Kamis (5/5).

2. Oatmeal.

Banyak orang menyarankan bahwa makan semangkuk oatmeal setiap hari membantu meningkatkan pasokan susu Anda. Beberapa peneliti menghubungkannya dengan sumber tinggi zat besi dalam oatmeal.

3. Biji wijen.

Biji wijen yang tinggi kalsium sangat bagus untuk meningkatkan pasokan susu Anda.

4. Fenugreek.

Ramuan ini biasanya ditemukan dalam banyak teh, yang khusus meningkatkan pasokan susu. Fenugreek membantu meningkatkan produksi susu hanya dalam beberapa hari, namun ada beberapa wanita yang harus menghindari mengkonsumsi ramuan ini.

Bagi Anda yang memiliki asma atau alergi tertentu, hati-hati jika menggunakan fenugreek. Wanita dengan masalah tiroid, hipoglikemik atau yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah mungkin ingin menghindari fenugreek sama sekali.

5. Kurma.

Kurma membantu produksi susu. Anda bisa makan kurma dalam sup atau menuangkan air panas.

6. Air.

Terhidrasi adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda memproduksi ASI yang cukup. Simpanlah sebotol air penuh untuk membantu meningkatkan ASI. (fny/chi/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top