Mantap, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal Kedua Bikin Senyum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Mantap, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal Kedua Bikin Senyum

pelabuhan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2016 diyakini bakal lebih baik dibandingkan kuartal pertama lalu. Tren membaiknya ekonomi didorong peningkatan stimulus fiskal, khususnya terkait dengan percepatan pembangunan proyek infrastruktur.

“Konsumsi rumah tangga terus membaik seiring terjaganya inflasi dan meningkatnya ekspektasi pendapatan  akan berkontribusi pada peningkatan perekonomian,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara sebagaimana dikutip situs BI, Jum’at  (6/5).

Selain  itu, percepatan implementasi paket kebijakan pemerintah, khususnya upaya untuk meningkatkan daya saing dan iklim investasi, diharapkan akan meningkatkan investasi dan ekspor.

Bukan  itu saja, pelonggaran kebijakan moneter yang telah ditempuh secara konsisten  juga diharapkan  memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi. Dengan stabilitas makro yang terjaga, perekonomian Indonesia akan bisa tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi secara berkesinambungan ke depannya.

Sebelumnya,  BI mencatat pertumbuhan ekonomi  sepanjang kuartal  I 2016 mencapai  4,92 persen  (yoy). Angka itu lebih rendah dari kuartal sebelumnya sebesar 5,04 persen  (yoy).

Namun, pertumbuhan ekonomi  sepanjang tiga bulan pertama 2016  ini lebih tinggi dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. (nas/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top