Mulai Sekarang Jangan Buang Kulit Kopi. Ternyata Bisa Jadi Teh Mahal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mulai Sekarang Jangan Buang Kulit Kopi. Ternyata Bisa Jadi Teh Mahal

TEH cascara merupakan teh yang terbuat dari kulit ceri kopi yang dikeringkan. Proses pembuatan cascara dilakukan setelah biji kopi dipisahkan dari cerinya. Ceri yang biasanya dibuang lalu diambil dan dikeringkan untuk dijadikan teh.

Cascara yang dalam Bahasa Spanyol berarti “kulit” adalah teh yang dibuat dari ceri buah kopi yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Jika teh adalah daun, maka cascara adalah kulit buah.

Cara penyajiannya sama seperti the pada umumnya, tinggal diseduh saja dengan air panas.

Teh cascara

Menurut co-founder Blog Mile Square Coffee, Anette Moldvaer yang telah mengirimkan sampel cascara ke laboratorium di Jerman untuk diteliti mengatakan bahwa kandungan kafein yang ada di dalam cascara sangat rendah.

Bahkan setelah dilakukan beberapa kali penelitian kafein dalam cascara masih menyentuh angka rendah. Dalam cascara tidak akan kamu temukan rasa pahit. Ingat, cascara adalah kulit ceri yang dikeringkan. Tidak ada proses roasting yang menghasilkan pahit seperti yang dialami kopi.

Cascara mungkin adalah minuman baru untuk Amerika Serikat (juga Indonesia), tapi sesungguhnya minuman ini telah lama ada di wilayah lain di dunia. Para petani asal Yaman dan Ethiopia sebenarnya telah mengeringkan ceri kopi dan mengolahnya menjadi bir selama berabad-abad. Produk ini belakangan digandungri oleh para penikmat teh sehingga harganya selangit.  (Sikah/Pojoksatu)

Click to comment
To Top