Tembak Beijing Expo untuk Target Liburan Oktober 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Tembak Beijing Expo untuk Target Liburan Oktober 2016

BITE15-1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menpar Arief Yahya makin kritis saja mengejar target kunjungan Wisman Tiongkok hingga 12 juta di akhir tahun 2016 ini. Untuk membidik liburan hari kemerdekaan mereka. 1-7 Oktober, Kemenpar bakal menggeber promosi di Beijing International Tourism Expo (BITE) Tiongkok yang akan dilangsungkan di Beijing, Tiongkok, 20 hingga 22 Mei 2016.

“Data inteligent Kemenpar sudah bisa mendeteksi kapan saja Tiongkok liburan dalam setahun? Kemana saja? Searchingnya menggunakan apa? Kapan mulai booking? Kapan juga melakukan pembayaran? Melalui bank atau credit card apa?” kata Arief Yahya.
Tiongkok merupakan potensi pasar utama dengan target sebesar 2,1 juta yang dibulatkan menjadi 2 juta wisatawan di tahun 2016 ini, cukup besar. Dan akan cenderung akan berkembang. “Kalau dalam marketing, Tiongkok adalah costumer utama kami,” kata Arief Yahya yang juga pernah menjabat Dirut PT Telkom Indonesia itu.

”Bahkan kami akan menjadi Gold Sponsor di even tersebut, karena dengan kegiatan BITE ini, kami akan bisa menarik wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia untuk bulan Oktober di mana disitu ada libur nasional mereka. Ini merupakan outbond Tiongkok dengan rata-rata lebih dari 110 juta orang yang sangat seksi buat negara manapun,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara  I Gede Pitana.

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Pitana itu mengatakan, Gold Sponsor nanti menjadi spesial bagi Indonesia. Pasalnya, dalam perhelatan tersebut, nantinya Wonderful Indonesia akan unjuk gigi dan mendapatkan kesempatan menebarkan pesona dengan one slot presentation session.

” Pada slot itu nanti kami akan diisi oleh Gajah Bali Tour, TMS, Jetwing Tour, Ekajaya, dan Millenium yang merupakan tour operator untuk menjalankan kegiatan hard selling,” ujarnya. Selain itu, imbuh Pitana, Gold Sponsor juga akan memanjakan Indonesia dengan one site media interview, one site advertising flag, one conterspread in show directory, one advertising in seller and buyers meeting, logo acknowlegement, dan one time publication in online advertisement media.

BITE tepatnya akan dilaksanakan di National Agriculture Exhibition Center. BITE merupakan event yang bersifat business to business dimana dari organizer telah menyiapkan list of  buyers dengan sistem pre schedule appoitment, sehingga memudahkan para sellers untuk memperoleh mitranya dari pihak buyers China.

Menurut data tahun 2015, bahwa pameran BITE telah diikuti oleh 987 exhibitors dari 81 negara dengan jumlah kunjungan sebanyak 120.000 pengunjung. Pameran ini telah berlangsung selama 13 tahun lalu dan Kemenpar sudah mengikuti sebanyak dua kali.

”Nah, untuk tahun 2016 ini, negara yang ikut berpartisipasi adalah Maldives, Seycellers, Thailand, Srilanka, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, India, USA, dan beberapa dari negara Eropa,”pungkas Pitana. (*)

loading...
Click to comment
To Top