Tuk Wanita: Awas Pakai Pembersih Pada Organ Intim, Bahayanya Kanker – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Tuk Wanita: Awas Pakai Pembersih Pada Organ Intim, Bahayanya Kanker

3-hal-berbahaya-yang-tersembunyi-di-balik-pembalut-wanita

FAJAR.CO.ID, PERAWATAN pada organ intim perempuan memang penting untuk tetap tampil bersih dan sehat. Seperti yang pada umumnya dipakai kaum hawa adalah Sabun Siri. Selain harganya terjangkau, Sabun Siri juga bisa didapatkan hanya diwarung-warung terdekat.

Namun, rupanya menurut dokter ‎spesialis kulit dan kelamin dr. Dewi Inong Irana, perempuan tak perlu menggunakan sabun sirih atau lainnya yang dianggap ampuh membersihkan organ intimnya dari bakteri dan tetap wangi.

“Jangan dikulik. Itu (organ intim, red) sudah membersihkan sendiri, jadi nggak usah diapa-apain,” ujar dr. Dewi Inong, Kamis (5/5).

‎Dia menambahkan, yang perlu dilakukan oleh para perempuan untuk menjaga organ intimnya adalah dengan tidak menggunakan pentiliner atau pembalut yang berbau wangi. 

“Jangan pakai yang harum, nanti bisa memicu kanker serviks,” terangnya.

Jadi, dr. Dewi Inong melanjutkan, kanker serviks itu bukan muncul karena menggunakan tolilet umum dan lainnya. ‎”Bila ada anggapan begitu, maka itu salah,” cetusnya.

Selain itu, sambung dia, bila perempuan sudah menikah maka wajib hukumnya melakukan pap smear, untuk mengecek ada tidaknya gangguan pada leher rahim. “Lakukan pap smear tiap setahun sekali,‎” tandas dr. Dewi Inong. (rka/JPG/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top