Gagal Jadi yang Tercepat, Marquez Salahkan Karakter Sirkuit Le Mans – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Gagal Jadi yang Tercepat, Marquez Salahkan Karakter Sirkuit Le Mans

FAJAR.CO.ID, LE MANS – Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez tengah was-was menghadapi balapan di MotoGP Prancis. Pasalnya, Sirkuit Le Mans dinilai memiliki karakter yang selalu menyulitkan motornya.

Marquez saat ini masih memuncaki klasemen pebalap berkat dua kemenangan beruntun di Rio Hondo dan Austin. Namun, dia hanya finis di urutan ketiga pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez dua pekan lalu di belakang duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Pebalap berusia 23 tahun itu menyadari, seri keempat di Sirkuit Le Mans berpotensi kembali menghadirkan kesulitan untuk Honda. Demi mengantisipasi hasil negatif, Marquez menyadari pemilihan kompon ban sangat memengaruhi balapan pada Minggu (7/5).

“Di sini (Le Mans) adalah salah satu sirkuit yang akan menghadirkan kesulitan karena kami akan menghadapi banyak lintasan akselerasi (lurus), terutama dua akselerasi panjang. Kami sadar akan menghadapi kesulitan pada akhir pekan ini. Kami bekerja keras dengan akselerasi di lintasan lurus. Tapi kadang sulit untuk mengembangkannya karena persoalan mesin,” ujar dia dikutip Omnisport.

“Honda masih tak punya waktu membenahi persoalan akselerasi, jadi kami mencoba menambah aerodinamika, tapi tetap saja winglet belum bekerja dengan sempurna. Kami punya keunggulan yang bisa dimaksimalkan, tapi tetap saja karakter sirkuit tak bisa membuat kami melakukan sesuai keinginan,” imbuhnya.

Dalam dua sesi latihan bebas (Free Pactice 1) yang digelar Jumat (6/5), Marquez gagal menjadi yang tercepat. Pebalap berpaspor Spanyol itu hanya bertengger ditempat ketiga pada sesi pertama.

Sementara, dalam sesi latihan bebas kedua, dia berjarak 0,483 detik dari Jorge Lorenzo yang ada di posisi pertama.

“Keputusan tepat dalam memilih ban yang akan dipakai di hari Minggu juga akan menentukan. Meski tampaknya kedua kompon yang kami punya cukup bagus,” bilang dia memungkasi. (ira/JPG)

loading...
Click to comment
To Top