Iuran Rp 1 Miliar, Akbar Tanjung: Bisa-bisa Masyarakat Jauhi Partai Golkar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Iuran Rp 1 Miliar, Akbar Tanjung: Bisa-bisa Masyarakat Jauhi Partai Golkar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Pertimbangan DPP Golkar Akbar Tanjung mengaku sama sekali tidak setuju dengan uang kontribusi sebesar Rp 1 miliar bagi calon ketua umum (Caketum) partai beringin. Akbar menilai, hal tersebut dapat memperburuk citra Golkar di mata publik. 

“Di tingkat 1 nanti bisa Rp 500 juta. Di tingkat dua bisa Rp 250 juta. Nanti semua peristiwa politik bisa jadi soal uang. Nanti bisa-bisa masyarakat menjauhi Partai Golkar karena persoalan ini,” kata Akbar dalam sebuah diskusi di Gado-Gado Boplo Menteng, Jakarta, Sabtu (7/5). 

Sebastian Salang dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menambahkan, Munas Luar Biasa (Munaslub) menjadi momentum bagi Golkar untuk membangun kembali keutuhan partai setelah sekian lama didera berbagai konflik. 
Menurut dia, momentum tersebut justru tidak seharusnya dinodai dengan mengharuskan caketum membayar iuran sebesar Rp 1 miliar. 

“Kita semua tau biaya untuk munas pasti besar. Di sisi yang lain ada semangat dari masyarakat kita untuk melawan transaksi politik atau mahar politik. Ini gambaran Golkar tidak punya kemampuan yang lebih kreatif untuk menghimpun dana Munaslub,” kata Sebastian. 

Dia menambahkan, hal tersebut bisa jadi menjadi ancaman tersendiri bagi Golkar. “Apa yang dilakukan sekarang adalah ancaman bagi diri mereka,” pungkasnya. (put/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top