Keren.. Bandara Juanda Nantinya Seperti Incheon di Korsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Keren.. Bandara Juanda Nantinya Seperti Incheon di Korsel

Incheon di Korea Selatan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA–Bandara Internasional Juanda akan dikembangkan menjadi yang terbesar di Asia. Bandara itu mencoba menggunakan konsep Bandara Incheon di Korea Selatan. Konsep tersebut yaitu bandara yang tidak hanya sekadar sebagai tempat pemberangkatan pesawat, tapi juga sebagai pusat belanja dan rekreasi.

Ini serupa dengan konsep Airport City, yakni bandara  tidak lagi hanya sebagai tempat naik-turunnya penumpang, tapi  juga sebagai tempat rekreasi dan belanja.

“Seperti Bandara Incheon di Korea Selatan, itu kan bagus konsepnya. Bandara Juanda akan dijadikan seperti itu, bandara bukan hanya untuk tempat berhentinya pesawat,” jelas  Soekarwo, Gubernur Jawa Timur.

Rencananya, pusat  belanja dan rekreasi itu akan dibangun di bawah permukaan tanah atau underground. Di situ nantinya para pengantar penumpang bisa berbelanja.

Pengembangan bandara itu akan dibangun di atas lahan seluas 6000 hektare, yang pastinya akan dilakukan reklamasi pantai. Dengan jumlah garbarata atau jalan penghubung antara pesawat dan ruang tunggu mencapai 149 garbarata yang tersebar di terminal 1, 2 dan 3.

Soekarwo optimistis dengan pembangunan terminal 3 dan penambahan 2 landasan baru, maka Bandara Juanda akan menjadi salah satu bandara terbesar di Asia, yang akan melayani sekitar 70 juta penumpang.(end/flo/jpnn) 

Click to comment
To Top