Soal Penghinaan ke HMI, Begini Tanggapan KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Soal Penghinaan ke HMI, Begini Tanggapan KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang akan menggelar aksi protes dan melaporkan Saut Situmorang ke majelis komite etik. 

Itu menyusul protes HMI yang menilai pernyataan tendensius wakil ketua KPK tersebut di sebuah acara diskusi salah satu stasiun televisi swasta. 

‎”KPK akan mengajak HMI bertemu untuk membicarakan hal ini. Kami percaya kesalahpahaman ini bisa segera diakhiri, tentu dengan  berkomunikasi satu sama lain,” kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati kepada JawaPos.com, Sabtu (7/5). 

Yuyuk mengaku, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Saut terkait pernyataan yang dinilai merugikan nama baik HMI. Menurut dia, yang terjadi antara mantan staf ahli BIN dan HMI merupakan sebuah kesalahpahaman. 

Saat disinggung soal rencana pelaporan HMI kepada Bareskrim Mabes Polri atas ulah Saut, Yuyuk belum mau berspekulasi.

“Posisi KPK saat ini adalah mengupayakan komunikasi dengan HMI dan mendiskusikan kesalahpahaman ini dengan cara yang lebih baik,” ujar Yuyuk. 

Sebelumnya, Saut Situmorang mengeluarkan pernyataan mengejutkan dalam sebuah acara diskusi di TV One. Saut menyebut kader HMI yang sudah mengikut Latihan Kader (LK) I kemudian menjadi pejabat melakukan korupsi. 

“Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” kata Saut dalam Talk Show Benang Merah di TV One, Kamis (5/5) malam.

Korps Alumni HMI (KAHMI) pun menilai pernyataan itu tidak pantas dan layak diucapkan seorang pejabat apalagi penegak hukum. 

Karena itu, HMI akan menggelar aksi di KPK pada Senin 9 Mei 2016 mendatang dan melaporkan perbuatan Saut ke majelis komite etik internal KPK. 

Tak hanya itu, HMI menuntut Saut meminta maaf di media massa selama lima hari berturut-turut. Bahkan, HMI mengancam akan melaporkan Saut ke Bareskrim Mabes Polri. 

Sayangnya, hingga kini Saut tak kunjung angkat bicara. Telepon seluler Saut yang biasa dihubungi wartawan tidak dalam kondisi aktif dan pesan singkat juga belum berbalas.(put/jpg/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top