Sudah 36 Tahun, Akhirnya Kim Jong Un Pimpin Kongres Partai Pekerja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Sudah 36 Tahun, Akhirnya Kim Jong Un Pimpin Kongres Partai Pekerja

kim jong un

FAJAR.CO.ID- Televisi pemerintah Korea Utara menampilkan rekaman gambar saat pemimpin mereka, Kim Jong Un, membuka Kongres Partai Pekerja yang pertama kali sejak 36 tahun silam.

Dalam tayangan Korea Central Television yang diluncurkan pada Jumat malam waktu setempat (6/5), tampak Kim mengenakan jas hitam dipadu dasi abu-abu, setelah yang tidak biasanya ia gunakan ketika tampil di muka publik. Ia membuka Kongres pada Jumat pagi. Kim muncul di panggung bersama para pejabat senior dan ribuan delegasi menyambut mereka dengan tepuk tangan panjang.

Kim duduk di antara kepala Biro Politik Umum Tentara Rakyat Korea, Hwang Pyong Jadi, dan Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi, Kim Yong Nam. Di atas panggung, terpampang potret raksasa Kim Il Sung dan Kim Jong Il serta lambag Partai Pekerja.

Dalam sambutannya, Kim menyajung uji coba nuklir dan rudal balistik jarak menengah yang baru-baru ini dilakukan negaranya.

Cucu pendiri Korut Kim Il Sung itu juga menegaskan Partai Pekerja memutuskan untuk mengadakan kongres setelah 36 tahun vakum dalam upaya mempercepat kemenangan akhir rakyat Korut.

Kim mengatakan, tahun ini negaranya telah melahirkan prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu melakukan tes bom hidrogen dan menempatkan satelit di orbit.

TV negara mengabarkan bahwa agenda kongres juga akan mencakup amandemen kode etik partai, penegasan Kim ke posisi puncak partai, dan penugasan untuk kepemimpinan partai.

Kongres ini diperkirakan akan berlangsung tiga sampai empat hari. [ald/rmol]

loading...
Click to comment
To Top