Okky Asokawati: Pantas Saja Orang Indonesia Banyak Berobat ke Malaysia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Okky Asokawati: Pantas Saja Orang Indonesia Banyak Berobat ke Malaysia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Fakta banyaknya orang Indonesia memilih berobat di negara lain, khususnya Malaysia, tak mengherankan. Sebab, ada perbedaan yang sangat jauh dalam memberikan pelayanan antara dokter di RS Malaysia dan dokter di RS Indonesia.

Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR, Okky Asokawati. Menurut Okky, hal yang menjadi biang keroknya adalah sistem honor dokter. Di Indonesia, dokter dibayar berdasarkan jumlah pasien yang dilayani. Semakin banyak pasien, semakin banyak honor yang didapat. Akibatnya, dokter selalu buru-buru saat memeriksa pasien.

Sedangkan di Malaysia, dokter dibayar berdasarkan lamanya waktu berinteraksi dengan pasien. Sehingga dokter menjadi lebih teliti saat mendiagnosa penyakit pasien.

‎”Ini salah satu perbedaannya. Karena itu sistem pembayaran ini mesti diperbaiki oleh Rumah Sakit di Indonesia,” upaya eks artis yang kini jadi politisi PPP itu, Sabtu malam (7/5).

Namun begitu, Okky juga menduga, banyaknya pasien Indonesia berobat ke Malaysia karena alasan biaya dan transportasi. Sebab, kebanyakan pasien itu berasal di Sumatera.

“Memang ada juga yang berobat ke sana karena sudah tidak percaya dengan pengobatan di dalam negeri. Tapi, tidak semua seperti itu,” demikian Okky.

Data mengenai banyaknya ‎pasien Indonesia berobat di Malaysia diungkap Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), sebuah badan koordinasi di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia. Regional Director Market Development MHTC Mohd Zulhery Fahmy menyebut, sepanjang 2015, ada sekitar setengah juta orang Indonesia berobat ke negeri jiran itu. Mereka mayoritas berobat penyakit jantung dan kanker. [ysa/rmol]

loading...
Click to comment
To Top