KPAI Deal, Publish Wajah Pemerkosa dan Sebarkan, Kecuali.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

KPAI Deal, Publish Wajah Pemerkosa dan Sebarkan, Kecuali..

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Aris Merdeka Sirait tidak setuju jika foto wajah pelaku kekerasan seksual terhadap anak dipajang di tempat umum.

Hal itu membantah pernyataan Menteri Sosial (Mensoso), Khofifah Indar Parawansa yang meminta agar foto pelaku dipublikasikan tanpa sensor.

“Kalau pelakunya anak-anak saya tidak setuju,” kata Aris, Senin (9/5).

Namun, Aris sepakat dengan pernyataan Khofifah jika foto yang dipajang di tempat umum adalah wajah pelaku yang berusia dewasa.

“Untuk pelaku dewasa, dapat dikategorikan sanksi sosial yang dapat menimbulkan menjadi efek jera,” tuturnya.

Meski demikian, Aris mengimbau, agar penyebaran foto pelaku sebaiknya dilakukan jika status hukumnya sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

“Kecuali dia sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan inkrah, saya sangat setuju,” pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, sejumlah penggiat sosial media, mengunggah dan menyebarkan foto terdakwa kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Yuyun (14), siswa SMP kelas VII, Desa Kasie Kasubun, Padang Ulak Tanding, Rejang Lebong, Bengkulu.

Hingga saat ini, kasus tersebut telah disidangkan di Pengadilan Negeri Curup, Bengkulu. Tujuh dari 12 terdakwa  dituntut 10 tahun penjara. Agenda selanjutnya, pihak pengadilan akan memutusan vonis yang pantas bagi para terdakwa, Selasa besok. [rus]

loading...
Click to comment
To Top