Saut Situmorang Berharap Tidak Dipolisikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Saut Situmorang Berharap Tidak Dipolisikan

Saut Situmorang_

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan, pernyataannya yang menimbulkan kontroversi terkait Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), korupsi dan kejahatan itu, keluar dari alam bawah sadarnya. 

Ia pun mengklarifikasi dan meminta maaf atas pernyataannya yang telah menimbulkan reaksi kemarahan besar HMI. Saut juga berharap agar permasalahan itu selesai dan tidak berkepanjangan. 

“Saya pribadi, tidak mengharap itu terjadi. Itu pernyataan saya keluar dari alam bawah sadar saya. Saya inginnya tidak ditindaklanjuti (ke ranah hukum),” ujar Saut dalam jumpa pers di kantor KPK, Senin (9/5). 

Ia menyatakan, sebenarnya di balik pernyataan itu ada harapan besar kepada HMI.  “Kan hidup saya di mahasiswa juga sangat dekat dengan HMI. Di kantor saya sebelumnya, juga dekat dengan HMI,” kata mantan Staf Ahli Badan Intelijen Negara (BIN) ini. 

Saut menegaskan, tidak bermasuk menyinggung HMI maupun lainnya dengan pernyataan yang disampaikan tersebut. “Saya berharap HMI sebagai lembaga besar, harus terus berkembang,” jelas Saut.  

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta, Saut mengatakan HMI korup dan jahat. 

“Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK 1, tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” ujar Saut. 

Pernyataan Saut mengundang reaksi keras dari kader HMI di seluruh Indonesia. Saut akan dilaporkan ke kepolisian dan komite etik KPK. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top