Yang Mau Lulus Jangan Percaya Bocoran Kunci Jawaban. Palsu!! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Yang Mau Lulus Jangan Percaya Bocoran Kunci Jawaban. Palsu!!

22700_40755_ujian nasionall

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP (UN SMP), rumor bocoran kunci jawaban soal UN SMP 2016 ramai di kalangan siswa.

Namun demikian, dapat dipastikan bahwa bocoran kunci jawaban UN SMP tersebut palsu. Karena itu diharapkan, siswa tidak percaya begitu saja jika ada yang menyodorkan bocoran jawaban Ujian Nasional.

Kebocoran soal atau kunci jawaban dianggap mustahil, sebab distribusi soal UN sendiri dikawal polisi dan dijaga kerahasiaannya.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul Yogyakarta, Totok Sudarto, menegaskan agar siswa peserta UN percaya pada hasil belajar mereka sendiri, bukan bergantung pada kunci jawaban yang kebenarannya tidak bisa dibuktikan.

“Anak-anak jangan mempercayai dengan bocoran kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN), itu tidak benar, karena (kalau ada bocoran) pasti (bocoran tersebut berasal) dari orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Totok.

Ia mengatakan, distribusi soal UN SMP sendiri melalui proses yang aman. Sejak disetorkan dari pihak percetakan di Jakarta sampai tiba ke masing-masing sekolah, ada pengawalan ketat dari pihak berwajib.

“Kalau ada kunci jawaban (UN SMP) itu bohong, dan justru (rasa percaya pada bocoran) akan menjerumuskan siswa,” katanya. (ril/PS)

loading...
Click to comment
To Top