BNN Jalin Kerjasama dengan Badan Narkotika Tiongkok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

BNN Jalin Kerjasama dengan Badan Narkotika Tiongkok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) menjalin kerja sama dengan National Narcotics Control Comission (NNCC), badan narkotika Tiongkok. Juru bicara BNN Kombes Slamet Pribadi mengatakan, Tiongkok merupakan negara pemasok narkotika terbesar di Indonesia.

“Banyak kasus narkoba yang berhasil diungkap melibatkan jaringan narkotika dari negeri tirai bambu tersebut,” ‎ujar Slamet melalui pesan WhatsApp yang diterima JPNN (Fajar Group), Selasa (10/5).

Sebenarnya kata Slamet, hubungan kerja sama itu sudah terbentuk sejak 2012 lalu. Hanya saja, sifatnya masih massif. Karena itu, sambung Slamet, kerja sama antara kedua belah pihak harus kembali dijalin.

‎”Tapi sekarang kami galakkan kembali. Kerja sama tersebut terfokus pada bidang pemberantasan narkoba yang melibatkan jaringan narkotika Tiongkok dan Indonesia. BNN dan NNCC saling membantu dan bertukar informasi terkait kejahatan narkoba yang melibatkan kedua negara,” jelasnya.

Terlebih, masalah narkoba sudah mendarah daging di Indonesia. Pemberantasannya tidak bisa hanya dilakukan di dalam negeri. Caranya yakni harus dilakukan dengan memutus mata rantai perdagangan narkoba. ‎Untuk itu, pihaknya akan mengirimkan beberapa intelije ke Tiongkok untuk menganalisis langsung jaringan narkoba di sana.

‎”Melihat kerja sama tersebut berjalan cukup baik, Indonesia berencana mengirim delegasinya ke Tiongok, agar kerja sama intelijen ini semakin optimal.‎ Sedangkan hal lain yang dilakukan Tiongkok adalah mencegah penyelundupan bahan dasar narkotika,” tandas Slamet. (Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top