Menteri Yuddy Ingatkan, Jangan Terkecoh dengan Pelaku Kejahatan Lugu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Menteri Yuddy Ingatkan, Jangan Terkecoh dengan Pelaku Kejahatan Lugu

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, adanya ketidakseimbangan kualitas petugas pemasyarakatan dengan narapidana menjadi salah satu masalah dalam menangkal kejahatan.

Satu sisi petugas mayoritas berpendidikan SMA tanpa bekal pengetahuan yang memadai. Di sisi lain sebagian narapidana adalah pelaku kejahatan extraordinary crime atau kejahatan luar biasa.

“Negara tidak mungkin mampu menghadapi extraordinary crimedan tantangan di era globalisasi, apabila aparatur negara tidak meningkatkan kapasitas personalnya,” ujar Yuddy dalam siaran persnya, Senin (9/5).

Karena itu Yuddy mengingatkan supaya jangan terkecoh dengan pelaku kejahatan, yang kelihatan lugu padahal otaknya pintar dan menguasai teknologi. Sebab, bila kecerdasan petugas narapidana di bawah pelaku kejahatan, maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

“Kita akan tertinggal informasi bila tidak aktif di media sosial dan tidak memiliki akun Facebook dan Twitter. Misal apabila terjadi kerusuhan di satu Lapas, maka kita akan terlambat mengatasi permasalahan. Apalagi berurusan dengan extraordinary crime,” papar Yuddy.

Nah di sinilah, sambung Yuddy, pentingnya standar SDM yang disesuaikan dengan dinamika kehidupan masyarakat. Di mana sekarang, masyarakat bisa membandingkan dengan pelayanan di negara lain.

Selain tantangan globalisasi, kompetisi antar negara serta perkembangan teknologi dan informasi, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah high collaboration, yakni bagaimana satu negara dengan negara lainnya saling bekerja sama.‎ (esy/jpnn)

Click to comment
To Top