Gara-gara Makhluk Ini, Olimpiade Rio Terancam Batal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Gara-gara Makhluk Ini, Olimpiade Rio Terancam Batal

image

FAJAR.CO.ID – Terus meningkatnya ancaman virus Zika dapat berarti Olimpiade musim panas yang rencananya berlangsung di Rio de Janiero, Brazil, yang bakal digelar pada awal Agustus mendatang diperkirakan terancam batal.

Profesor Amir Attaran dari Universitas Ottawa dalam Harvard Public Health Review menuliskan bahwa Ancaman yang dihasilkan dari virus yang menggunakan perantara nyamuk Aedes Aegepti itu sangat lah serius, sehingga tidak berlebihan jika Olimpiade Brazil harus ditunda atau bahkan dipindahkan.

image

“Infeksi yang dihasilkan Zika sangat berbahaya dan wabah yang terjadi di Brazil sangat lah luas, lebih dari yang diperkirakan para peneliti sebelumnya. Karenanya Olimpiade dan Paralympic harus ditunda, di pindahkan atau keduanya sebagai tindakan pencegahan,” kata Amir seperti dikutip dari Tech Insider.

Yang ditakutkan Amir terkait dengan Olimpiade Rio kali ini adalah besarnya kemungkinan penyebaran virus tersebut terjadi, pasalnya, diperkirakan setengah juta wisatawan asing akan berkumpul pada satu titik. Membuka pintu bagi penyebaran virus tersebut ke negara lain.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, Komite Olimpiade Brazil mengeluarkan pernyataan bahwa Rio De Janiero merupakan kawasan yang aman dari bahaya Zika. Namun belakangan diketahui Ibu Kota negara tersebut kini menjadi salah satu penyebaran nyamuk pembawa virus berbahaya tersebut.

Dalam sebuah studi, 88 wanita di Rio menemukan adanya keanehan pada fetus sepertiga dari para wanita hamil yang terinveksi Zika. Ada anggapan juga bahwa Zika dan sindrom Guillain-Barre memiliki kaitan yang bertanggung jawab atas kelumpuhan temporal pada orang dewasa, meski kejadian tersebut masih terbilang langka dan masih dalam tahap awal studi.

loading...
Click to comment
To Top