Bom Mobil Tewaskan 64 Orang di Baghdad – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Bom Mobil Tewaskan 64 Orang di Baghdad

FAJAR.CO.ID, SADR CITY – Kesibukan pagi di pasar Distrik Sadr City berubah menjadi kegaduhan yang disertai teriakan histeris kemarin (11/5). Sebuah bom mobil meledak saat pasar tersebut ramai pengunjung.

Setidaknya 64 orang dilaporkan tewas dan 87 lainnya mengalami luka-luka. Kejadian itu merupakan serangan dengan korban jiwa terbesar selama beberapa bulan terakhir.

Beberapa saat setelah kejadian, militan Islamic State (IS) atau yang lebih dikenal ISIS mengklaim sebagai pelaku kekejian tersebut. Namun, hal itu ditampik pasukan keamanan Iraq.

Sebab, ISIS menuturkan, petaka tersebut disebabkan bom bunuh diri dari anggota mereka. Padahal, yang menjadi penyebab adalah truk pikap muatan bom berkekuatan besar yang meledak di dekat sebuah salon kecantikan.

Mayoritas korban adalah perempuan. Beberapa pasangan pengantin yang tengah dirias di salon tersebut ikut menjadi korban tewas.

’’Kekuatan ledakan itu membuat saya terlempar beberapa meter dan sempat tidak sadar diri selama beberapa menit,’’ ujar Karim Salih, 45, salah seorang penjual bahan makanan di pasar tersebut.

Dia mengungkapkan, seorang pria memarkir truk bermuatan bom itu, lantas menghilang di kerumunan. Pemerintah Iraq sudah meningkatkan keamanan di Baghdad dan kota-kota sekitarnya. Sebab, serangan pada pasukan keamanan dan penduduk Syiah masih sering terjadi.

Mayoritas penduduk Distrik Sadr City adalah warga Syiah. Sejak Februari lalu, pemerintah Iraq membangun tembok di sekeliling Baghdad. Sementara itu, PBB menyatakan bahwa 1.885 penduduk sipil terbunuh akibat kekerasan di Iraq sejak awal bulan hingga akhir April lalu. (AFP/Reuters/BBC/sha/c15/any)

loading...
Click to comment
To Top