Diduga, Soal UN SMP Bocor di Google Drive – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Diduga, Soal UN SMP Bocor di Google Drive

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) akan menemui Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk melaporkan berbagai temuan soal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP 2016. Salah satunya terkait dugaan bocornya kunci jawaban di aplikasi google drive.

Sekretaris Jenderal FSGI, Retno Listyarti mengatakan bahwa selama UN 2016, Posko UN yang dibuka organisasi guru ini menemukan banyak pelanggaran. Temuan inilah yang akan disampaikan ke Itjen Kemdikbud.

“Pada UN hari keempat, FSGI menerima satu email laporan dari seorang guru yang menyampaikan bahwa soal UN SMP Bahasa Inggris diduga bocor di aplikasi google drive. Sang pelapor juga menyertakan hasil download dari aplikasi tersebut,” kata Retno, Kamis (12/5).

Rencananya, rombongan FSGI akan menyambangi kantor Itjen Kemdikbud sore ini. Sejak membuka Posko Pengaduan UN SMP 2016 pada 9-12 Mei 2016, FSGI telah menerima total 15 laporan, yang berasal dari 11 Kota/Kabupaten dan empat provinsi.

Selain dugaan bocornya soal di aplikasi Google Drive, temuan lain pada hari keempat UN antara lain adanya laporan kebocoran kunci jawaban empat mata pelajaran, yang di UN-kan mulai dari hari pertama, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Laporan disertai foto bukti kunci jawaban. (fat/jpnn)

Click to comment
To Top