Menpar Arief Yahya Apresiasi Wonderful Indonesia di AirAsia X  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Menpar Arief Yahya Apresiasi Wonderful Indonesia di AirAsia X 

iaa-x-wonderful-indonesia_20160511_172027

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menpar Arief Yahya betul-betul terharu oleh manajemen Air Asia, maskapai penerbangan bernuansa merah itu. Bagaimana tidak? Branding Wonderful Indonesia dipasang di perut pesawat AirAsia X, armada yang berbadan lebar, Airbus A330 seri 300.

“Terima kasih AirAsia! Kami appreciate atas inisiatif AirAsia,” ucap Menpar Arief Yahya.

“Kami membutuhkan lebih banyak direct flight dari maskapai LCC –low cost carier– ke berbagai kota di luar negeri, baik ke Bali, Lombok, Jakarta, Makassar, Medan, Manado dan kota-kota destinasi pariwisata lainnya. Lebih hebat lagi kalau mengangkut wisman dari China Daratan,” sebut Arief Yahya.

Logo “Wonderful Indonesia” ini merupakan bentuk dukungan Indonesia AirAsia X terhadap upaya pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Acara peluncuran ini bertepatan dengan selesainya pekerjaan perawatan pesawat tersebut di Hanggar GMF AeroAsia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dendy Kurniawan, Presiden Direktur Indonesia AirAsia X, menyampaikan, ini adalah salah satu operator penerbangan berbendera Indonesia, pihaknya menyadari besarnya pengaruh perkembangan industri pariwisata Indonesia terhadap perkembangan bisnis di tanah air.

“Sejak pertama mengudara tahun 2015, penerbangan kami dari Sydney dan Melbourne, Australia, ke Bali dioperasikan dengan frekuensi 5 (lima) kali seminggu. Melihat tren tingkat keterisiannya yang terus naik, khusus pada Juli tahun ini frekuensi penerbangan dari Australia akan kami tingkatkan menjadi 7 (tujuh) kali seminggu,” ujarnya.

Lebih lanjut Dendy mengatakan, selain untuk memberikan kesempatan kepada turis dari Australia untuk berwisata ke Bali dan kota-kota lainnya di Indonesia melalui Bali, hal ini juga untuk memberikan pilihan kenyamanan terutama bagi yang ingin beristirahat selama perjalanan dari atau menuju destinasi wisatanya. Tentunya dengan harga yang hemat.

“Kami merasa bangga dapat turut mendukung program yang dicanangkan pemerintah untuk menargetkan kunjungan 20 juta orang wisatawan mancanegara pada tahun 2019,” ujarnya sambil tersenyum.

Acara peresmian ini dihadiri oleh pejabat Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, serta jajaran direksi Indonesia AirAsia X dan AirAsia Indonesia. Bersama-sama dengan seluruh tamu, para pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan transportasi tersebut turut meninjau pesawat istimewa ini sebelum nantinya diterbangkan menuju basis operasinya di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Sekadar informasi, pesawat Indonesia AirAsia X berlogo “Wonderful Indonesia” dengan nomor registrasi PK-XRC ini merupakan satu dari dua pesawat berbadan lebar yang dimiliki oleh PT Indonesia AirAsia Extra. Pesawat ini mempunyai kapasitas 377 kursi dengan 3 pilihan tipe kabin yang disesuaikan untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh. Penumpang yang menginginkan kenyamanan perjalanan dengan kursi yang dilengkapi dengan sandaran yang dapat direbahkan, sambil meregangkan kaki lurus ke depan, dapat memilih tipe kursi premium flatbed eksklusif yang ditempatkan di kabin bagian depan.

Bagian tengah merupakan Quiet Zone dimana penumpang dapat beristirahat dengan nyaman karena tingkat kebisingan yang minimal. Di kabin ekonomi penumpang juga diberikan pilihan ruang kaki ekstra pada deretan kursi hot seat serta berbagai pilihan makanan panas dan minuman yang disesuaikan dengan selera mancanegara.

Selain itu, Indonesia AirAsia X saat ini mengoperasikan sepuluh armada pesawat, di mana dua di antaranya merupakan armada berbadan lebar A330-300 untuk melayani tiga rute penerbangan internasional, yaitu Denpasar-Melbourne, Denpasar-Sydney, dan Jakarta-Jeddah. Pada kuartal I tahun 2016 ini kedua pesawat tersebut telah mengangkut sebanyak hampir 78.500 penumpang, dengan sebagian besar di antaranya merupakan penumpang warga negara asing. Dalam waktu dekat, Indonesia AirAsia X juga berencana akan membubuhkan logo “Wonderful Indonesia” pada pesawat berbadan lebarnya yang kedua. (*)

loading...
Click to comment
To Top