Sebelum Jadi Kanker Payudara. Anda Perlu Lakukan Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Sebelum Jadi Kanker Payudara. Anda Perlu Lakukan Ini

Penelitian baru menunjukkan semua wanita yang berusia 40 tahun harus segera melakukan mammogram. Ini adalah salah satu jenis pemeriksaan pada payudara dengan menggunakan sinar X dalam dosis rendah.

Temuan ini penting karena pedoman terbaru padamammogram menyarankan bahwa kebanyakan wanita  selalu menundanya. Kebanyakan wanita menunggu sampai usia 45 – 50 tahun untuk mulai melakukan mammogram tahunan.

“Tapi review dari pasien wanita yang berusia antara 40- 44 tahun menemukan bahwa 50 persen dari mereka memiliki risiko rata-rata untuk kanker payudara. Karena itu disarankan bagi mereka untuk memulai screening mamografipada usia 40 lebih cepat lebih baik,” kata pemimpin peneliti, Dr. Jennifer Plichta, seperti dilansir laman Health.

Menurutnya, studi ini juga menemukan persentase yang signifikan dari perempuan yang memenuhi syarat untuk metode screening payudara lainnya. Termasuk MRI payudara dan pengujian genetik.

Kaum perempuan disarankan harus berkonsultasi dengan dokter mereka tentang faktor risiko yang bisa menyebabkan kanker payudara. American Society of Breast Surgeons(ASBS) memberikan beberapa pedoman mengenai kanker payudara:

• Wanita harus mulai mammogram lebih awal dari usia 45 tahun jika mereka memiliki risiko kanker payudara sebesar 15 persen.

• Wanita dengan risiko kanker payudara sebesar 20 persen juga harus menjalani screening MRI.

• Wanita dengan risiko kanker payudara sebesar 5 persen juga harus menerima pengujian genetik.
(fny/jpnn)

To Top