Wonderful Indonesia Promosi di Dubai Mall  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Wonderful Indonesia Promosi di Dubai Mall 

panel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pariwisata bakal all out di 7th Rais Explore & Experience Consumer Travel Show, 12-14 Mei 2016. Pada acara yang digelar di Dubai Mall, Sheikh Zayed Road, Dubai, Uni Emirat Arab itu, Kemenpar akan fokus dalam menyebarkan informasi 10 destinasi yang terkait dengan nature, culture, dan man­made.

Ini adalah partisipasi kedua di acara tersebut. Operator tur, restoran, dan hotel ikut dilibatkan dalam pameran dagang wisata bertema “Perjalanan Keluarga” tersebut. Semua diberi misi “menjual” produk destinasi pariwisata Indonesia secara terintegrasi kepada calon wisatawan Timur Tengah.

“Kementerian Pariwisata telah menandatangani Memorandum of Understanding ( MoU ) dengan Emirates. Ini untuk mengantisipasi liburan musim panas. Emirates dan Kemenpar telah sepakat untuk mengadakan pertemuan table top serta memfasilitasi bisnis yang berhubungan antara penjual Indonesia dan Timur Tengah. Ada pengurangan tarif jika bepergian ke Indonesia dan terbang dengan Emirates,” papar Nia Niscaya, Asisten Deputi Promosi Pariwisata Eropa, Timur Tengah, Amerika , dan Afrika Kementerian Pariwisata, Rabu (11/4).

Bagi wanita berkerudung itu, kesempatan itu bisa membantu pertumbuhan kunjungan wisatawan. Dengan kemudahan akses itu, Nia yakin, gapaian Thailand yang sudah sukses mendatangkan 800.000 wisatawan Timur Tengah bisa segera disalip Indonesia.

“Pasar Timur Tengah masih sangat besar. Umumnya durasi plesiran wisatawan Timur Tengah 8,5 hari dengan pengeluaran rata-rata per pengunjung USD 1.190. Di Dubai Mall, kami membidik wisatawan keluarga dari Timur Tengah yang bisa berlibur dua hingga tiga bulan selama musim panas, dengan mengajak seluruh anggota keluarga,” beber Nia.

Untuk urusan ini, Nia mengaku sudah menyiapkan 10 destinasi yang digemari wisatawan Timur Tengah. Di nomor satu, ada Bandung, Jawa Barat. Wisatawan Timur Tengah diprediksi bakal sulit menampik pesona Bandung lantaran kota terbesar nomor tiga di Indonesia itu berhawa dingin. Hotel-hotel mewah, restoran, kafe, dan butik juga banyak tersedia di seluruh kota.

Destinasi lain yang akan dipasarkan adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Pesona Kawah Ijen dengan blue fire yang hanya ada dua di dunia, Baluran dengan mini Afrikanya, hingga Pantai Pulau Merah dengan gugusan karang besarnya, diyakini punya daya pikat yang sangat tinggi.

“Selain itu kami juga akan memasarkan Geat Bali, Jakarta dengan Kepulauan Seribu-nya, Great Batam-Bintan, Joglosemar (Jogjakarta, Solo dan Semarang , red), Lombok, Makassar, Sulawesi Selatan, Medan dengan Danau Toba-nya, serta Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bunaken di Sulawesi Utara dan Raja Ampat di Papua Barat.

Menpar Arief Yahya menyebutkan di event 7th Rais Explorer & Experience Consumer Travel Show ini diharapkan sales “Halal Destination” semakin banyak menghasilkan deal. Di Pasar Timur Tengah, dibutuhkan sales untuk percepatan mengejar target kunjungan. Saat ini banyak airlines yang terbang dari Timur Tengah, dari Emirates, Qatar, Ithad, yang reguler sudah masuk ke tanah air.

“Kami akan mengusulkan penambahan jumlah penerbangan langsung ke Lombok, Bali, Surabaya, Jakarta, Medan, Manado, dan Makassar,” katanya.

Pasar outbond halal tourism dari Middle East itu cukup besar, sekitar 140 juta setiap tahunnya. Sebagian besar memilih Eropa. Di ASEAN pilihan pertama ke Thailand, lalu ke Malaysia, dan saat ini ke Indonesia. Jumlah itu lebih besar daripada pasar Tiongkok, sekitar 110 juta outbond. (*) 

loading...
Click to comment
To Top