Badrodin: Sebagai Prajurit, Kita Siap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Badrodin: Sebagai Prajurit, Kita Siap

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masa jabatan Jenderal Badrodin Haiti di kursi Kapolri bakal segera berakhir. Pada akhir Juli 2016 mendatang, polisi kelahiran 24 Juli 1958 itu bakal memasuki masa pensiun.

Polemik pun muncul seiring semakin dekatnya Badrodin memasuki masa pensiun. Ada pihak yang menginginkan Presiden Joko Widodo memperpanjang masa jabatan Badrodin sebagai Kapolri.

Namun, ada pula pihak yang mendorong Jokowi -sapaan Joko Widodo- segera mengajukan calon Kapolri baru ke DPR. Dengan demikian, begitu Badrodin masuk masa pensiun maka sudah ada Kapolri baru.

Namum Badrodin justru tenang-tenang saja menanggapinya. Alumnus Akademi Kepolisian tahun 1982 itu mengaku siap dengan segala keputusan Jokowi.

“Sebagai prajurit, tentu kita siap pensiun. Tidak pensiun juga tidak apa-apa,” katanya usai jumatan di Mabes Polri, Jumat  (13/5).

Namun, Badrodin enggan berbicara banyak terkait pergantian dirinya sebagai Kapolri. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan Presiden Jokowi. “Tentu hak prerogratif Presiden. Saya serahkan ke Presiden,” katanya.

Seperti diketahui, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri mengatur usia maksimal polisi adalah 58 tahun. Namun, masa tugasnya bisa diperpanjang hingga usia 60 tahun jika memiliki pertimbangan khusus.

Sementara berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri diatur tentang dimaksud keahlian khusus dalam tugas kepolisian. Yakni bidang identifikasi, laboratorium forensik, komunikasi elektonika, sandi, penjinak bahan peledak, kedokteran, pawang hewan, penyidikan kejahatan khusus dan navigasi. (elf/jpg)

Click to comment
To Top