Hampir Rp 1 Triliun Kunker Fiktif Anggota DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Hampir Rp 1 Triliun Kunker Fiktif Anggota DPR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap mempelajari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kunjungan kerja (kunker) fiktif anggota DPR. Kunker fiktif itu disebutkan berpotensi merugikan negara hingga ratusan miliar.

“KPK akan melihat hasil temuan itu dulu karena sejauh ini baru melihat dari pemberitaan saja,” kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Jumat (13/5).

Sekjen DPR, Winantuningtyastiti mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan laporan pertanggungjawaban kunjungan kerja (kunker) para anggota DPR.

“Jadi BPK periksa ke sekjen, tapi laporan anggotanya kepada fraksi-fraksi. Jadi sekarang sekjen ngumpulin laporan dari fraksi-fraksi,” kata Win -sapaan akrabnya- saat ditemui di KPK, Jakarta, Jumat (13/5).

BPK menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 945 miliar dalam kunjungan kerja perseorangan yang dilakukan anggota DPR RI.

Adanya potensi kerugian negara dalam kunker perseorangan anggota DPR ini kali pertama disampaikan Wakil Ketua Fraksi PDI-P di DPR Hendrawan Supratikno.

Hendrawan mengakui, sejumlah anggota DPR selama ini banyak yang kurang serius membuat laporan pertanggungjawaban kunjungan ke dapilnya.

Ada pula anggota DPR yang hanya memercayakan kegiatan kunker ke tenaga ahli. Foto kegiatan yang sama sering digunakan berkali-kali dalam setiap laporan kunker. (put/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top