Jokowi Lantik 9 Komisioner Kompolnas, Luhut Ketua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jokowi Lantik 9 Komisioner Kompolnas, Luhut Ketua

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan memimpin langsung pengambilan sumpah Ketua, Wakil Ketua dan tujuh anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2016-2020, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/5). Ia didampingi Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).

Dalam susunan jabatan Kompolnas tersebut, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan menempati posisi ketua.

Kemudian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai Wakil Ketua. Selanjutnya berturut-turut sebagai anggota, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumHAM) Yasonna Laoly, Irjen Purn Bekto Suprapto, Irjen Purn. Yotje Mende, Andrea Hynan Poeloengan, Poengky Indarti, Benediktus Bambang Nurhadi, dan Dede Farhan Aulawi.

Dalam sumpahnya, sembilan komisioner Kompolnas berjanji akan setia pada UUD 1945, menjunjung tinggi etika jabatan, tidak menyalahkangunakan wewenang dan menghindari perbuatan tercela.

“Saya dalam menjalankan tugas dan jabatan, akan menjujung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahkangunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” ucap para komisioner saat pengambilan sumpa di Istana.

Dalam pelantikan itu, tidak tampak hadir Mendagri Tjahjo Kumolo. Tidak diketahui alasan ketidakhadiran Tjahjo. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top