Loh Ini Gimana..! Sita Buku Komunis Disebut Melanggar Hukum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Loh Ini Gimana..! Sita Buku Komunis Disebut Melanggar Hukum

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan menegaskan tidak ada payung hukum bagi aparat keamanan dalam melakukan razia dan penyitaan terhadap segala benda yang dianggap menyebarkan komunisme termasuk buku.

 “Setahu saya, hari ini tidak ada payung hukum untuk melarang buku. Tidak ada payung hukumnya. Dulu otoritas itu ada di kejaksaan, lalu oleh MK di tahun 2013 dibatalkan. Saya lupa bentuk peraturannya,” ujar Anies saat ditemui pada sebuah acara peluncuran buku di Hotel Santika, Jakarta Barat, Jumat (13/5/2016).

Jikalau pelarangan terjadi pun, negara tidak bisa melarang begitu saja di tengah era keterbukaan seperti sekarang ini.

“Hari ini negara mau melarang seperti apa, kalau sudah lebih mudah diakses melalui internet. Misalnya, ada penulis buku yang isinya keliru, negara tidak bisa melarang peredarannya. Dulu otoritasnya ada di kejaksaan. Sekarang pun kejaksaan tidak bisa melarang,” kata Anies.

Lebih jauh Anies mengungkapkan, sebagai negara yang berdaulat Indonesia harus bisa lebih cerdas menghadapi segala perbedaan pandangan dan pengetahuan melalui akses bacaan-bacaan secara akademik bisa dipertanggungjawabkan.

“Menurut saya, sejauh dipelajari sebagai pengetahuan saya rasa itu perlu. Kita mengetahui banyak hal tidak masalah. Yang penting ketika bicara soal komunisme atau kelompok kiri, Indonesia punya catatan. Bahwa peristiwa itu tidak bisa dilihat hanya dari tahun 1965. Dialektika komunisme kan sudah ada sejak tahun 1927 dan tahun 1948,” ujar Anies. (pjk1/fajar)

To Top