Tiga Plt. Gubernur Akan Dilantik Presiden Bulan Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tiga Plt. Gubernur Akan Dilantik Presiden Bulan Ini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo akan melantik tiga Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur menjadi Gubernur Definitif pada pertengahan Mei ini. Tiga Plt Gubernur itu adalah Gubernur Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menggantikan Gatot Pujo Nugroho yang terlibat kasus korupsi pada Agustus 2015. Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menggantikan Annas Maamun yang terlibat kasus korupsi pada September 2014. Dan Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun menggantikan Muhammad Sani yang meninggal dunia pada 8 April 2016.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan tersebut akan berlangsung di Jakarta. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu waktu kepulangan Presiden Jokowi dari luar negeri. Menurut dia, ada kemungkinan pada pekan depan sekitar tanggal 19 atau 20 Mei.

“Begitu pulang, bisa langsung melangsungkan pelantikan,” kata Tjahjo di Jakarta, Kamis (12/5).

Selain itu, juga akan berlangsung pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran-Habib Said H Ismail, dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

Tjahjo masih berkordinasi soal pelantikan Wakil Gubernur DIY. Politisi PDIP ini masih mempertanyakan apakah wagub tersebut bisa dilantik di Jakarta atau tidak. Sebab, perlu meninjau terlebih dahulu aturan soal otonomi khusus DIY. [rus/rmol]

loading...
Click to comment
To Top