WARNING! Indonesia Darurat Perkosaan! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

WARNING! Indonesia Darurat Perkosaan!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perempuan Lintas Iman (PLI) menilai, peristiwa perkosaan yang dilakukan secara berkelompok terhadap anak perempuan beberapa waktu terakhir, menunjukkan bahwa kekerasan seksual di Indonesia sudah berada pada kondisi darurat.

Karena itu dibutuhkan tanggapan serius tidak hanya dari negara, tapi juga dari seluruh elemen masyarakat sipil, termasuk lembaga-lembaga keagamaan.

Salah seorang perwakilan PLI Elizabeth Marantika‎, mengatakan, lembaga-lembaga keagamaan perlu  mengembangkan kurikulum pendidikan anak dan remaja yang mengintegrasikan pendidikan seksual, kesehatan reproduksi, nilai-nilai perdamaian, antikekerasan, dan  penghargaaan perbedaan. 

“Lembaga-lembaga keagamaan juga perlu memfasilitasi proses trauma healing dan perlindungan bagi korban dan keluarganya,” ujar Elizabeth, Jumat (13/5).

‎PLI yang terlibat dalam Lokakarya Perempuan dan Perdamaian Lintas Iman yang digagas Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) kata Elizabeth, juga mengimbau pejabat publik dan masyarakat agar  tidak melakukan kekerasan berikutnya kepada korban dan keluarga, melalui pendapat dan pandangan yang menyalahkan korban.

“PLI ‎ secara khusus memberi dukungan kepada korban dan keluarga, agar tetap dikuatkan oleh Yang Maha Kuasa, terutama dalam menghadapi proses hukum untuk mendapatkan keadilan,” ujar Elizabeth. (gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top