Wow, Pendukung Sarankan Ahok Maju Lewat PDIP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Wow, Pendukung Sarankan Ahok Maju Lewat PDIP

ahok1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Para pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok tak sepenuhnya anti terhadap partai politik. Mereka ternyata tetap ikhlas jika Ahok diusung partai pada Pilkada DKI 2017 mendatang.

Demikian hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Cyrus Network. Managing Director Cyrus Network Eko David Afianto mengatakan, 85 persen pendukung nyatakan akan tetap memilih Ahok walau mantan bupati Belitung Timur itu diusung partai politik.

“Artinya empat dari lima pendukung tak keberatan Ahok diusung partai politik,” kata Eko saat merilis survei terbaru lembaganya di Jakarta, Jumat (13/5).

Tidak hanya itu, para responden yang mendukung Ahok ini juga ditanya mengenai partai mana yang dinilai paling bagus untuk mengusung sang incumben. Hasilnya, PDI Perjuangan keluar sebagai partai yang paling favorit.

“Sebanyak 51 persen pemilih Ahok justru menyarankan jika maju lewat parpol sebaiknya dari PDIP. Publik justru melihat ada benang merah antara Ahok dan PDIP,” kata Eko.

Meski begitu, sebagian besar responden pada dasarnya tetap mengharapkan Ahok maju melalui jalur perseorangan alias independen. Dari jumlah total pemilih Ahok, 52 persen di antaranya lebih suka jalur independen, dan 35 persen menyukai Ahok maju melalui partai politik. Dalam survei ini jumlah pemilih Ahok sendiri adalah 48,1 persen dari 1000 responden. 

Survei dilakukan secara tatap muka dengan melibatkan responden yang tersebar di semua kelurahan di DKI Jakarta. Pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3,1 persen. (dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top