Banyak Laporan Pelanggaran, Komite Etik Munaslub Kesulitan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Banyak Laporan Pelanggaran, Komite Etik Munaslub Kesulitan

FAJAR.CO.ID, NUSA DUA – Komite Etik Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar kesulitan mendiskualifikasi bakal calon ketua umum Golkar yang melakukan pelanggaran.

Banyak laporan yang masuk ke komite etik tapi tidak jelas dan spesifik dugaan pelanggarannya. Bahkan tidak dilengkapi dengan bukti-bukti yang cukup.

Selain itu ada pelanggaran yang ditemukan tapi tidak tergolong dalam ‎sanksi berat. “Banyak laporan-laporan tersebut sulit kita mengambil langkah untuk diskualifikasi mereka (bakal calon),” ‎ujar  Ketua Komisi Etik Fadel Muhammad di Bali Nusa Dua Convention Center, Sabtu (14/5).

Disebutkannya, hampir semua calon melakukan pelanggaran. Namun, laporan yang diterima lebih banyak ditujukan kepada Ade Komaruddin dan Setya Novanto.  ‎

Laporan itu juga lebih banyak ditujukan untuk menjatuhkan satu sama lain. Sebagai senior, Fadel tentunya bisa membaca skenario tersebut. “Bahasa kasarnya kampanye hitam, black campaign. Banyak sekali hal semacam itu yang masuk‎,” ungkapnya.

‎Karenanya, seluruh tim sukses bakal caketum Golkar akan dipanggil siang ini. Akam disampaikan agartidak berbuat hal-hal yang melanggar ketentuan Munaslub.

Komite Etik akan lebih ketat mengawasi proses pemenangan caketum Golkar di Munaslub ini dengan melibatkan penegak hukum seperti Kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahkan Badan Intelijen Negara (BIN).

Jika selama dua hari ini peringatan Komite Etik tidak digubris dan ditemukannya politik uang yang dilakukan bakal caketum, dipastikan pihaknya akan melakukan skors pada saat sidang pemilihan nanti.

“Dan sudah disepakati akan mundur. Saya sudah berbicara dengan semua panitia SC terutama Pak Nurdin Halid yang juga merestui adanya skors,‎” tegas Fadel.

Keputusan tegas itu akan diambil satu hari sebelum pemilihan. “Saya sedang atur waktunya,” pungkasnya. (dna/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top